Breaking News:

Berita Belitung Timur

Komunitas Nasi Jum'at Rutin Gelar Muharam Ceria di Waterboom Sungai Manggar

Komunitas Nasi Jumat (Sijum) menggelar kegiatan Muharam ceria bersama anak-anak yatim, piatu dan yatim piatu di waterboom Sungai Manggar.

istimewa
Komunitas Nasi Jumat (Sijum) mengelar kegiatan Muharam ceria bersama anak-anak yatim, piatu dan yatim piatu di waterboom Sungai Manggar,Jumat (18/9/2020) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - Komunitas Nasi Jumat (Sijum) menggelar kegiatan Muharam ceria bersama anak-anak yatim, piatu dan yatim piatu di waterboom Sungai Manggar.

Ketua Komunitas Nasi Jumat Camellia mengatakan kegiatan untuk memuliakan, membahagiakan dan melayani.

"Kami sebenarnya rutin mengadakan kegiatan seperti ini, kami sudah jalan delapan bulan, namun untuk kali ini khusus untuk menjamu anak-anak yatim, piatu dan yatim piatu, khusus untuk ini baru dua kali, pertama kali di Tanjung pandan dan kedua di Belitung Timur ini," ujar Camellia kepada posbelitung, Jumat (18/9/2020).

Kegiatan ini melibatkan lebih dari 60 anak yatim, yang bearasal dari tiga kecamatan yakni Manggar, Gantung dan Damar.

Ratusan makanan dibagikan mereka kepada anal-anak tersebut,

Selain itu selama delapan bulan ini, mereka berbagi menjamu kepada jamaah atau pun musafir sepulang dari salat Jumat.

Untuk di Tanjungpandan mereka stay di depan kolong keramik.

"Musim pandemi kami berinisiatif mengatar makanan ke rumah sakit dan ke pondok-pondok. Tak hanya makanan kami juga pernah mengumpulkan APD untuk diberikan kepada tenaga medis," ujarnya.

Di bulan Ramadan pun mereka rutin berbagi kepada anak-anak yatim.

Mereka mengemas bantuan berupa sembako dan dibagikan selama bulan Ramadan.

"Intinya ini adalah komunitas bagi orang-orang yang suka bersedekah di hari Jumat, oleh karenanya dinamakan Nasi Jumat (Sijum)," ujarnya.

Dia menyampaikan para donatur selama ini adalah orang-orang yang ingin turut berbagi.

Para donatur dapat menghubunginya melalui aku facebook miliknya yakni Camellia Lia.

"Orang-orangnya silih bergantinya yang jelas sudah banyak, dan alhamdulillah setiap jumat selalu berjalan. Jadi sistemnya ada yang dari kawan-kawan dari sedekah pribadi ada juga dana dari kawan yang kita kelola karena kita punya dapur sendiri kita masak mandiri lalu dibagikan, jadi dengan dana minimal hasilnya bisa maksimal," ujarnya.

"Jadi kami bukan semata-mata cari keuntungan, hanya mencari berkah. di sini kan banyak yang ounya rezeki lebih tapi bingung untuk menyalurkannya ke mana. Misalnya seperti saya tidak ada dananya tapi saya bisa mengelola dan menyalurkannya kemana yang membutuhkan, jadi kami saling bantu, ada yang tugas masak ada yang tugas mengatarkan makanan, ini kerjasama, ada tiga tempat sepulau Belitung saat ini yakni di Tanjungpandan, Kelapa Kampit dan di Manggar," imbuhnya. (Posbelitung.co/Suharli)

Penulis: Suharli
Editor: Dedi Qurniawan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved