Breaking News:

Advertorial

Rencanakan Hidup ke Depan agar Lebih Terarah

SEBANYAK empat pelajar SMA di Kabupaten Belitung Timur dianugerahi gelar Duta Generasi Berencana (GenRe) Belitung Timur 2020.

Pos Belitung /Bryan Bimantoro
DUTA GENRE BELITUNG TIMUR 2020 - Wakil Bupati Belitung Timur Burhanudin dan istri berfoto bersama Kepala BKKBN Provinsi Bangka Belitung Fazar Supriadi dan Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Belitung Timur Muhamad Yulhaidir, berfoto bersama Duta GenRe Belitung Timur 2020 di aula kantor Camat Manggar, Jumat (18/9). 

BANGKAPOS.COM,BANGKA-- Sebanyak empat pelajar SMA di Kabupaten Belitung Timur dianugerahi gelar Duta Generasi Berencana (GenRe) Belitung Timur 2020.

Penganugerahan gelar ini diberikan Wakil Bupati Belitung Timur Burhanudin dan istri Purwenda Puspitasari, yang sebelumnya dikukuhkan menjadi Ayah dan Ibu GenRe Belitung Timur 2020.

Kegiatan yang dihadiri oleh Kepala BKKBN Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Fazar Supriadi, Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Belitung Timur Muhamad Yulhaidir, serta undangan lainnya ini dilaksanakan di aula kantor Camat Manggar, Jumat (18/9/2020).

Wakil Belitung Timur Burhanudin mengapresiasi kegiatan yang sangat positif ini. Menurutnya, generasi muda zaman sekarang harus bisa merencanakan kehidupannya ke depan biar lebih terarah.
“Melalui GenRe ini, para dutanya harus mampu sosialisasi dan kolaborasi dengan organisasi kepemudaan lainnya, seperti KNPI atau remaja masjid atau lainnya. Kolaborasi ini dalam hal perencanaan remaja di masa depan ingin seperti apa,” kata Wabup Burhanudin.

Wabup Burhanudian menyebut, orangtua juga harus berkolaborasi dengan anak-anaknya yang masih remaja. Jangan sampai mereka membuat keputusan di ujung usia remaja, yang nantinya menghasilkan penyesalan.

“Harus ada komunikasi yang baik. Ketika sudah punya rencana dan impian maka akan lebih mudah untuk menyusun strategi untuk mencapai hal tersebut. Ke depan juga pemerintah daerah melalui OPD-OPD harus banyak melaksanakan kegiatan dengan sasaran generasi milenial, supaya generasi penerus Belitung Timur berkualitas,” jelas Wabup Burhanudin.

Kepala BKKBN Provinsi Bangka Belitung Fazar Suprianto mengatakan, kegiatan ini bertujuan meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia. Ia mengatakan, saat ini Indonesia berada di urutan ke-111 dari 189 negara di dunia dalam kualitas SDM.

“Lewat generasi remaja inilah, kualitas itu diharapkan bisa meningkat dan dipacu. Kalau kualitas remaja sudah meningkat, otomatis juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.
Presiden RI, lanjutnya, mencanangkan Indonesia di 2045 masuk dalam negara ekonomi terkuat dunia. Namun jika dalam waktu 10 tahun ke depan itu tak dipersiapkan, mustahil tercapai.

“Maka dari itu, Duta GenRe ini tugasnya mengajak remaja-remaja di Belitung Timur agar menjauhi narkoba, minuman keras, rokok, dan aktivitas negatif lainnya, supaya kualitas SDM kita bisa meningkat. Tentu juga tak lepas dengan kolaborasi dari semua pihak,” jelas Fazar.

Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Kabupaten Belitung Timur Muhamad Yulhaidir mengatakan, ke depan akan menguatkan program Duta GenRe Go To School. Program ini sebagai edukasi kepada teman sebaya, yang bertujuan meningkatkan kesadaran terhadap hal-hal yang seharusnya tidak dilakukan di usia remaja.

Halaman
12
Editor: nurhayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved