Breaking News:

Berita Belitung Timur

World Clean Up Day 2020, Forum Anak Laskar Pelangi Belitung Timur Bersihkan Pantai

Berbagai cara dilakukan anak muda di Belitung Timur dalam memperingati World Clean Up 2020 atau Hari Kebersihan Dunia

Ist/Faksi Beltim
Anggota FAKSI Belitung Timur saat mengumpulkan sampah di pantai, Sabtu (19/9/2020). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG--Berbagai cara dilakukan anak muda di Belitung Timur dalam memperingati World Clean Up 2020 atau Hari Kebersihan Dunia yang diperingati hari ini Sabtu (19/9/2020).

Satu di antaranya adalah Forum Anak Laskar Pelangi (FAKSI) Belitung Timur. Organisasi yang terdiri dari pelajar SMP dan SMA se-Belitung Timur ini membersihkan Pantai Nyiur Melambai dan Pantai Olivier.

Ketua FAKSI Belitung Timur Ahmad Faturrohman mengatakan kegiatan ini sebagai wujud cinta mereka terhadap lingkungan.

"Selain itu kami juga ingin mengajak masyarakat dunia dan Belitung Timur khususnya agar semakin sadar mengenai pentingnya dalam mengelola sampah," kata Ahmad kepada Posbelitung.co.

Menurutnya saat ini banyak masyarakat yang kurang aware terhadap pentingnya mengelola sampah. Buktinya, masih banyak masyarakat yang membuang sampah sembarangan.

"Apalagi di masa pandemi covid-19 pemakaian masyarakat atas barang-barang semakin besar sehingga menghasilkan sampah yang cukup banyak. Jika sampah yang banyak ini tidak dikelola dengan baik akan menimbulkan banyak masalah lingkungan juga kesehatan. Kita tidak ingin itu terjadi," tekan Ahmad.

Anggota FAKSI Belitung Timur saat mengumpulkan sampah di pantai, Sabtu (19/9/2020).
Anggota FAKSI Belitung Timur saat mengumpulkan sampah di pantai, Sabtu (19/9/2020). (Ist/Faksi Beltim)

Dengan aksi nyata mereka ini di momen World Clean Up Day 2020 Ahmad berharap bisa membuat masyarakat memiliki sense of belonging atas lingkungannya. Karena jika sudah punya rasa memiliki, tak kan mungkin masyarakat membuang sampah sembarangan lagi.

"Semoga warga Belitung Timur bisa lebih sadar atas kebersihan lingkungan sekitar dan turut menjaga bumi kita semua," harap Ahmad.

Dari kegiatan hari ini, mereka mampu mengumpulkan 14 kantong besar sampah. Kegiatan FAKSI Belitung Timur ini juga didukung oleh Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Belitung Timur serta Dinas Lingkungan Hidup Belitung Timur. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved