Breaking News:

Berita Belitung Timur

Semua Desa di Kelapa Kampit Sudah Salurkan BLT Dana Desa Tahap 4

Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD Lanjutan atau tahapan BLT DD tahap 4 di enam desa Sekecamatan Kelapa Kampit sudah terealisasi.

Istimewa
Kepala Desa Senyubuk, Annasrul Hakim, Koordinator Pendamping Desa Kecamatan Kelapa Kampit, Oscar Habib bersama perwakilan Kecamatan Kelapa Kamoit dan perangkat desa saat menyalurkan BLT Dana Desa Tahap 4 di Desa Senyubuk. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD Lanjutan atau tahapan BLT DD tahap 4 di enam desa Sekecamatan Kelapa Kampit sudah terealisasi.

Koordinator Pendamping Desa Kecamatan Kelapa Kampit, Oscar Habib menyampaikan seluruh Desa se-Kecamatan Kelapa Kampit sudah menyalurkan BLT-Dana Desa Tahap 4 kepada 957 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang berhak berdasarkan hasil pendataan dan ditetapkan melalui Musyawarah Desa Khusus dengan melibatkan para Stakeholder yang terkait.

Oscar menjelaskan untuk tahap,1,2 dan 3 sudah selesai.

Ternyata setelah selesai penyaluran tiga tahap, muncul lagi Peraturan Menteri Desa nomor 7 tahun 2020 tentang perubahan kedua atas peraturan Menteri Desa nomor 11 tahun 2019 tentang prioritas penggunaan dana desa tahun 2020.

"Sebenarnya hampir sama tapi ada poin ternyata membahas bahwa intinya ada penambahan BLT, jadi penambahan BLT DD tahap 4, 5 dan 6 jadi bantuan langsung tunai Dana Desa lanjutan lanjutan. Yang menjadi pembeda nya itu adalah nominal Kalau kemarin kan kita dapatnya nomor RpR600.000 sedangkan 4 5 dan 6 ini cuman dapat setengahnya alias Rp300.000, di setiap tahapnya" jelasnya kepada posbelitung, Minggu (20/9/2020).

 "Alhamdulillah semua desa di Kelapa kampit sudah menyalurkan BLT tahap keempat, terakhir di Desa Cendil," imbuhnya.

Dia menjelaskan yang menentukan nominal BLT DD berdasarkan peraturan yang dikeluarkan oleh menteri Desa.

Kemudian terkait dengan keluarga penerima manfaat dijelaskan bahwa penerima BLT lanjutan mengikuti KPM data sebelumnya, jadi nama penerimanya orang-orang kemari penerima tahap 1,2 dan 3 tidak berubah namanya.

"Kecuali, Desa dipersilahkan merubah tetapi melalui musyawarah desa khusus, dalam kasus PKM meninggal dunia atau pindah ke luar daerah," ujarnya.

Kemudian berkenaan, penyaluran BLt DD tahap 4,5 dan 6 memang ada keterlambatan karena desa desa kembali menyusun APBDes perubahan.

Halaman
12
Penulis: Suharli
Editor: Dedi Qurniawan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved