Breaking News:

Penyederhanaan Kurikulum, Nadiem Makarim Sebut tak Ada Penghapusan Mata Pelajaran Sejarah

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim membantah isu akan menghapus mata pelajaran sejarah dalam kurikulum nasional.

Penulis: tidakada008 | Editor: Rusmiadi
Kemendikbud
Mendikbud Nadiem Makarim. 

POSBELITUNG.CO - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim membantah isu akan menghapus mata pelajaran sejarah dalam kurikulum nasional.

"Saya Mendikbud Nadiem Makarim, ingin mengklarifikasi. Saya terkejut dengan betapa cepat informasi tidak benar mengenai isu mata pelajaran sejarah. Saya ucapkan sekali lagi tidak ada sama sekali kebijakan regulasi atau perencanaan penghapusan mata pelajaran sejarah di kurikulum nasional," ujar Nadiem Makarimdalam pernyataan videonya berjudul "Klarifikasi Isu Mapel Sejarah" yang diupload di akun instagramnya, Minggu (20/9/2020).

 Nadiem Makarim menjelaskan, saat ini memang sedang dilakukan pengkajian penyederhanaan kurikulum.

Tetapi ia pastikan tidak ada rencana penghapusan mata pelajaran sejarah.

"Isu ini keluar, karena ada presentasi internal yang keluar ke masyarakat dengan salah satu permutasi penyederhanaan kurikulum. Kami punya banyak (permutasi), puluhan versi berbeda yang sekarang tengah melalui FGD dan uji publik. Namun semuanya belum tentu yang menjadi final," jelasnya.

Nadiem Makarim memastikan, tidak akan ada penyederhanaan kurikulum hingga 2022.

"Di tahun 2021 kami akan melakukan berbagai macam prototyping di sekolah penggerak yang terpilih. Bukan dalam skala nasional. Jadi sekali lagi, tidak ada kebijakan apapun di tahun 2021 dalam skala kurikulum nasional. Apalagi penghapusan pelajaran sejarah," tegasnya.

Nadiem Makarim menegaskan komitmennya untuk memajukan pendidikan sejarah sehingga lebih relevan dan menarik bagi anak-anak.

Apalagi, kata Nadiem, ia adalah cucu dari seorang tokoh perjuangan di masa kemerdekaaan Indonesia.

Ditambah lagi, ia lahir dari ayah dan ibu yang merupakan aktivis nasional.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved