Breaking News:

Pilkada Belitung Timur 2020

Rumah Dinas Wabup Belitung Timur Dicek Bawaslu, Saat Ini Aan Ngontrak Selama Kegiatan Kampanye

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Belitung Timur melakukan monitoring dan sterilisasi pada rumah dinas jabatan wakil bupati, Sabtu (26/9/2020).

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: Dedi Qurniawan
Posbelitung.co/BryanBimantoro
Foto bersama usai pengecekan, Sabtu (26/9/2020) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Belitung Timur melakukan monitoring dan sterilisasi pada rumah dinas jabatan wakil bupati, Sabtu (26/9/2020) di Kawasan Samak, Manggar.

Bawaslu ingin memastikan bahwa rumah beserta kendaraan dinas calon petahana Burhanudin sudah dikembalikan pada negara sementara dalam masa kampanye yang dimulai hari ini.

Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Badan Pengawas Pemilu Belitung Timur Ihsan Jaya mengatakan bahwa hal ini wajib dilakukan karena sudah diatur dalam UU 10/2016 dan PKPU 11/2020.

"Di UU dan PKPU tersebut intinya ditegaskan bahwa harus menyerahkan fasilitas negara ketika masa cuti kampanye. Berupa rumah dinas, kendaraan jabatan dan pegawai, serta sarana perkantoran," kata Ihsan ditemui posbelitung.co saat mengecek rumah dinas, Sabtu.

Ketika mengecek rumah, Ihsan menemui beberapa foto pribadi masih tergantung di dinding rumah peninggalan Belanda itu. Ia pun meminta agar foto tersebut diturunkan sementara selama masa kampanye.

Ihsan mengatakan jika ada unsur kesengajaan atau ada unsur keberpihakan yang mengelola barang tersebut dalam penggunaan fasilitas negara ancaman paling berat yaitu bisa dikenakan tindak hukum pidana.

"Kami ajak masyarakat agar turut mengawasi, tak hanya dalam penggunaan fasilitas negara tapi juga mengawasi dalam masa kampanye ini. Kontribusi masyarakat sangat diperlukan," tegas Ihsan.

Sementara itu, calon petahana dalam Pilkada Beltim 2020 Burhanudin mengaku sudah menyerahkan semua fasilitas negara terhitung sejak tanggal 23 September 2020 lalu.

"Saya sudah cuti sejak 23 September 2020 dan sudah menyerahkan semua fasilitas negara, seperti rumah dan kendaraan dinas. Saat ini saya mengontrak rumah untuk kegiatan saya selama masa kampanye," kata Burhanudin (Aan) saat dihubungi posbelitung.co via udara, Sabtu.

Ia menekankan, saat ini ia masih menjabat sebagai wakil bupati hanya saja sedang cuti kampanye. Jadi barang-barang pribadi masih ada di rumahnya.

"Saya masih menjadi wakil bupati sampai Februari 2021. Kalau barang pribadi seperti foto jelas masih di sana. Tapi kalau untuk tempat tinggal saya sudah ngontrak," ujar Burhanudin (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved