Breaking News:

Berita Belitung Timur

Berkampanye Saat Pilkada, Anggota Dewan Harus Izin ke Pimpinan DPRD dan Ketua Fraksi

Anggota dewan yang akan ikut berkampanye harus memiliki izin ke pimpinan DPRD atau ketua fraksi dengan tembusan ke KPU dan bawaslu.

Penulis: Suharli | Editor: nurhayati
Posbelitung.co/Suharli
Ketua KPU Belitung Timur, Rizal 

POSBELITUNG.CO,BELITUNG--Anggota dewan yang akan ikut berkampanye harus memiliki izin ke pimpinan DPRD atau ketua fraksi dengan tembusan ke KPU dan bawaslu.

Hal ini disampaikan Ketua KPU Belitung Timur Rizal saat sosialisi pelaksanaan Kampanye di Ruang Rapat DPRD Belitung Timur.

"Pembahasan tadi fokus terkait izin anggota DPRD Belitung Timur yang akan melaksanakan kampanye. Kami sampaikan sesuai dengan aturan PKPU Nomor 11 tahun 2000, Pasal 63 bahwa bagi pejabat negara anggota DPR, anggota DPRD kabupaten maupun provinsi ketika ingin melaksanakan kampanye wajib menyampaikan izin kepada pimpinan DPRD selain itu izin itu juga bisa disampaikan ke fraksi,"  jelas Rizal kepada Posbelitung, Senin (28/9/2020)

Ia mengatakan jika anggota dewan bersangkutan ke lapangan hal itu tidak jadi kendala lagi, karena KPU Beltim sudah menyampaikan dan kewajiban mereka untuk menyampaikan izin kepada pimpinan DPRD maupun fraksi untuk mengeluarkan izin.

"Izin itu nanti disampaikan ke KPU maupun bawaslu," kata Rizal.

Rizal menjelaskan mengajukan izin ini tidak hanya untuk satu kali kegiatan, anggota dewan yang akan berkampanye juga bisa merekapitulasi kegiatan-kegiatan kampanye yang seiring sejalan dengan penerbitan Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STP).

"Nah mereka bisa izin sekaligus untuk satu minggu, dua minggu atau selama masa kampanye yang itu ter tertera waktu dan tanggal kampanye, jadi mereka tidak repot lagi, karena sudah include dalam satu surat dalam izin mereka untuk melaksanakan kampanye di lapangan," saran Rizal.

Menurut Anggota DPRD Belitung Timur, Jimmy Tjong, hal ni juga bagian dari komitmen anggota dewan untuk ikut mematuhi peraturan selama masa kampanye Pilkada.

"Jadi kami juga harus memberikan contoh yang baik, jangan sampai melanggar undang undang dari KPU maupun bawaslu," kata Jimmy.

Dia juga menyebutkan, setiap anggota dewan yang hadir jadi tim kamapanye atau mau melakukan orasi dalam kampanye harus memiliki izin kepada ketua fraksi atau ketua DPRD dengan tembusan ke KPU dan bawaslu. (Posbelitung.co/Suharli)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved