Breaking News:

Berita Belitung

Bulan Inklusi Keuangan OJK RI 2020, Bupati Yuslih Ihza Ajak Pelajar Belitung Timur Menabung

Bupati Belitung Timur Yuslih Ihza mengajak seluruh pelajar di Belitung Timur agar menabung sejak dini

Posbelitung.co/Bryan Bimantoro
Bupati Yuslih saat menyerahkan buku tabungan secara simbolis pada perwakilan siswa, Senin (28/9/2020). 

POSBELITUNG.CO,BELITUNG--Bupati Belitung Timur Yuslih Ihza mengajak seluruh pelajar di Belitung Timur agar menabung sejak dini demi lancar dalam merencanakan kehidupan mereka ke depan.

Hal itu disampaikan Bupati Yuslih dalam materinya saat mengajar siswa-siswi di kegiatan Bulan Inklusi Keuangan OJK RI bertema Satukan Aksi Keuangan Inklusif untuk Indonesia Maju yang digelar oleh Bank Sumsel Babel di SMA Negeri 1 Manggar, Senin (28/9/2020).

"Pada era sekarang generasi muda sebagai punggung bangsa harus menjadi kreatif, kritis, dan terbiasa menentukan tujuan keuangannya sendiri juga mahir menyusun perencanaan keuangannya," kata Yuslih.

Menurutnya, program nasional di seluruh bank di Indonesia yaitu simpanan pelajar bersyarat mudah dan sederhana serta fitur yang menarik bisa sebagai pacuan agar pelajar mau menabung.

Syarat mudah dan fitur menarik itu juga dalam rangka edukasi dan inklusi keuangan untuk mendorong budaya menabung sejak dini.

"Saya juga meminta kerja sama para guru yang tidak hanya bertugas mencerdaskan kehidupan bangsa namun juga membantu melawan kemiskinan karena tidak dapat mengelola keuangan dengan baik. Guru dapat memberikan pendidikan bagi para siswa yang mengikuti produk tabungan simpanan pelajar ini mengingat produk tabungan ini bermanfaat bagi para siswa dengan mendorong gerakan nasional menabung khususnya dalam mengenalkan dan menanamkan budaya menabung sejak dini,"  jelas Yuslih.

Kepala SMA Negeri 1 Manggar Sabarudin mengapresiasi program ini karena menjadikan sekolahnya menjadi pilot project. Ia mengatakan saat ini pelajar masih malu untuk menabung karena nominal yang tak banyak.

"Kalau tidak sejuta tidak mau menabung. Padahal kan 100 ribu saja juga sudah baik. Menabung ini mengajarkan kita untuk berhemat dan mengurus keuangan kita secara benar," kata Sabarudin.

Ia juga berterima kasih pada Bank SumselBabel atas kesempatan yang diberikan pada sekolahnya. Ia berharap program seperti ini juga diterapkan di seluruh sekolah di Belitung Timur supaya gerakan nasional ini bisa sukses.

Pimpinan Bank SumselBabel Cabang Manggar Mas Ely Warsal mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk menyukseskan program Bulan Inklusi Keuangan OJK RI 2020 dengan konsep Satukan Aksi Keuangan Inklusif untuk Indonesia Maju (aksessku).

"Dengan program-program ini bisa memberi dan meningkatkan kontribusi positif dalam dunia pendidikan di Belitung Timur," kata Mas Ely sembari berharap ke depan tercipta generasi mandiri dan mapan dengan cara menabung dan menigkatkan literasi keuangan sejak dini. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: nurhayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved