Breaking News:

MK Tidak Dapat Menerima Gugatan UU Minerba oleh Gubernur Babel, Dharma Sutomo: Bukan Ditolak

MK menjatuhkan putusan pada perkara pengujian UU Minerba yang diajukan Gubernur Babel. MK tidak dapat menerima gugatan tersebut.

Posbelitung.co/Bryan Bimantoro
Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan 

POSBELITUNG.CO - Mahkamah Konstitusi telah menetapkan Putusan Nomor 65/PUU-XVIII/2020 yang mengadili perkara konstitusi pada tingkat pertama dan terakhir.

MK telah menjatuhkan putusan pada  perkara Pengujian Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara terhadap Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Pengujian undang-undang ini diajukan Pemerintah Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yang diwakili oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman dan pimpinan DPRD Didit Srigusjaya, Hendra Apolo, Muhamad Amin, dan Amri Cahyadi.

Amar putusan MK menyatakan permohonan para pemohon tidak dapat diterima.

"diputus dalam Rapat Permusyawaratan Hakim oleh sembilan Hakim Konstitusi," begitu bunyi dalam situs resmi Mahkamah Konstitusi.

Mengenai putusan tersebut, Bangkapos.com mencoba untuk mengkonfirmasi pengacara yang menangani gugatan tersebut, Dharma Sutomo.

Dia mengatakan itu merupakan putusan tidak dapat diterima dan bukan ditolak MK.

"Itu putusan tidak dapat diterima bukan ditolak. Beda pengertian kalau tidak dapat diterima, dapat mengajukan gugatan baru, karena belum masuk ke pokok perkara. Intinya ada yang kami kurang dapat terima sebenarnya, karena itu sehubungan dengan tahapan persiapan, masih pemeriksaan pendahuluan. Tetapi putusan sudah masuk ke pokok perkara dengan melihat pertimbangan hukum,"jelas Dharma Sutomo kepada Bangkapos.com, saat dikonfirmasi, Selasa (29/9/2020).

Dia mengatakan dalam putusan tersebut menyebutkan adanya gugatan yang kabur.

Hal itu tidak bisa diterima oleh pengacara Dharma Sutomo dan rekanya.

"Jadi istilahnya ada disebutkan gugatan kabur, padahal pasal sudah jelas, kalau dalam uraian pasal yang dilanggar kami masukkan. Dia sudah masuk materi pokok perkara. Karena gugutan tidak terima kami akan konsultasikan atau mengajukan gugatan lagi. Kami tegaskan gugatan bukan ditolak. Tetapi tidak dapat diterima, kami bisa mengajukan gugatan baru,"tegasnya. (Bangkapos.com/Riki Pratama)

Artikel ini telah tayang di bangkapos.com dengan judul Gugatan UU Minerba oleh Gubernur Babel Tidak Dapat Diterima MK, Dharma Sutomo: Bukan Ditolak.

Editor: M Ismunadi
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved