Breaking News:

Pilkada Belitung Timur

Berminat Jadi Pengawas TPS? Bisa Buka Link Ini, Bawaslu Belitung Timur Butuh 247 Orang

Bawaslu Kabupaten Belitung Timur open rekrument pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) se-Kabupaten Belitung Timur.

Posbelitung.co/Suharli
Ketua Bawaslu Belitung Timur, Wahyu Epan Yudhistira 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG--Bawaslu Kabupaten Belitung Timur open rekrument pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) se-Kabupaten Belitung Timur.

Pendaftaran, penerimaan dan penelitian berkas administrasi serta wawancara dimulai pada 3 Oktober sampai dengan 15 Oktober 2020 akan datang.

Pelamar bisa mengunduh formulir pendaftaran di https://beltimkab.bawaslu.go.id/ pengumuman/atau mengambil di sekretariat panwalu kecamatan setempat.

Sesuai dengan jumlah TPS yang ada di Belitung Timur dibutuhkan sebanyak 247 pengawas TPS pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Belitung Timur.

Ketua Bawaslu Belitung Timur, Wahyu Epan Yudhistira mengatakan, Senin (28/9/2020) sudah menerima surat Nomor: 0329/K.BAWASLU/HK.01.00/IX/2020 tentangan pendoman pelaksanaan pembentukan pengawas tempat pemungutan suara 2020.

"Dengan diterima surat ini, satu diantara konsekuensinya perhari Selasa (29/9) lalau sudab masuk pengumuman pembentukan pengawas TPS.

Hari ini kami membuat surat intruksi ke Panwaslu kecamatan berkenaan pembentukan pengawas TPS," jelas Epan kepada Posbelitung, Rabu (30/9/2020).

Berkenaan dengan syarat dan ketentuan pengawas TPS, Epan menjelaskan sama seperti penerimaan pengawas TPS pada Pileg Pilpres 2019 lalu.

Seperti umur minimal 25 tahun pada saat mendaftar, dan diutamakan yang masuk dalam daftar pemilih yang mana dia mencalonkan sebagai pengawas TPS, selain soal tidak terlibat parpol, juga menjadi suatu yang penting yang harus dipastikan oleh jajaran pengawas kecamatan.

"Berdasarkan UU 10 tahun 2016 itu, 23 hari sebelum masa pemungutan suara sudah harus terbentuk," jelasnya.

Pengawas TPS masuk dalam jajaran penyelenggara adhoc ditinggkat TPS, dan proses seleksi dilaksanakan oleh panwaslu kecamatan melibatkan panwaslu Ddesa.

"Satu TPS satu pengawas TPS, jadi dalam konteksnya Pilkada Belitung Timur 2020 sejalan dengan jumlah TPS yakni sebanyak 247 pengawas TPS," kata Epan. (Posbelitung/Suharli)

Penulis: Suharli
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved