Breaking News:

Berita Belitung Timur

Pantai Serdang Sudah Punya SKT, Pokdarwis Akan Bangun Panggung Kesenian di Sana

Agustus lalu, pantai ini sudah memiliki Surat Keterangan Tanah (SKT) yang artinya seluruh wilayah pantai ini sudah dikelola oleh desa setempat.

Ist/Toto Iswanto
Tim dari UPTD Balai Pengembangan Wisata Belitung foto bersama dengan Pokdarwis Serdang Berantai, Rabu (30/9/2020). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - Pantai Serdang di Manggar merupakan satu pantai terbaik di Belitung Timur saat ini.

Agustus lalu, pantai ini sudah memiliki Surat Keterangan Tanah (SKT) yang artinya seluruh wilayah pantai ini sudah dikelola oleh desa setempat.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (pokdarwis) Serdang Berantai Toto Iswanto mengatakan dengan terbitnya SKT Pantai Serdang ini membuat penataan pantai akan lebih terarah.

Bahkan dalam waktu dekat pihaknya berencana akan membangun panggung kesenian di sana.

"Kami akan menonjolkan atraksi budaya dan kreativitas seni lokal di panggung tersebut. Karena jika bersaing dengan modal pantai saja itu banyak pantai yang lebih baik di Belitung, tapi jika disandingkan dengan atraksi budaya yang terjadwal bisa jadi daya tarik baru bagi wisatawan," kata Toto kepada posbelitung.co, Rabu (30/9/2020).

Toto bilang bahwa pengembangan wisata di Pantai Serdang ini akan melibatkan masyarakat karena prinsipnya pokdarwis ingin semua merasakan manfaat dari kemajuan wisata pantai ini.

Selain itu, ia juga mengatakan sudah mendapat tinjauan dari pihak provinsi mengenai pengembangan wisata pantai ini.

"Tadi sudah dilakukan monitoring oleh pihak provinsi dan kami memaparkan program kerja pokdarwis kami ke depan seperti apa. Mereka siap mendukung," ujar Toto.

Lebih jauh Toto berharap dengan dibangunnya Pantai Serdang ini bisa meningkatkan kunjungan wisatawan ke Belitung Timur.

"Karena kita ini kaya budaya dan seni. Harus dimanfaatkan secara maksimal apalagi sekarang teknologi sudah semakin maju, setiap anak memegang gadget yang ditakutkan nanti budaya dan seni kita bisa perlahan hilang kalau tidak dilestarikan," pesan Toto.

Terpisah, Kepala UPTD Balai Pengembangan Pariwisata Wilayah Belitung Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kepulauan Bangka Belitung Haryadi memberikan apresiasi atas inisiatif Pokdarwis Serdang Berantai.

"Sangat salut kepada Pokdarwis Serdang Berantai yang aktif mengawal pengembangan wisata Pantai Serdang. Keterlibatan desa di dalamnya juga sangat besar sehingga bisa mengembangkan tempat wisata ini. Utamanya setelah mendapat legalitas wilayah berupa SKT, ini akan menambah kepercayaan diri dalam mengelolanya," kata Haryadi saat dihubungi posbelitung.co, Rabu.

Ia menilai Pantai Serdang akan berkembang dalam waktu tiga sampai lima tahun ke depan jika konsisten dalam mengelolanya.

Apalagi ditambah dengan mengolaborasikan atraksi budaya dan kreativitas seni lokal yang bisa mendatangkan wisatawan.

"Kami siap mendukung dengan pengembangan SDM, pengelolaan teknis di lapangan. Kami juga akan mendorong dinas pariwisata setempat agar mendukung maksimal pengembangan objek wisata Pantai Serdang ini," ucap Haryadi sembari berharap pantai ini bisa jadi penopang ekonomi masyarakat di sekitarnya. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: Dedi Qurniawan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved