Breaking News:

Target Pertumbuhan Ekonomi Tahun Depan 5%, Ini Kata Menkeu

Konsumsi rumah tangga di 2021 secara bertahap akan membaik, seiring dengan pulihnya aktivitas ekonomi dalam kondisi new normal.

Editor: Tedja Pramana
Kompas.com
Menteri Keuangan, Sri Mulyani. 

POSBELITUNG.CO, JAKARTA - Pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi pada tahun depan sebesar 5% year on year (yoy). Hal ini sebagaimana asumsi dalam Rancangan Undang-Undang tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun 2021.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, target pertumbuhan ekonomi tahun depan sejalan dengan momentum pemulihan ekonomi pada kuartal III-IV 2020, setelah sebelumnya kontraksi minus 5,32% yoy di kuartal II-2020.

Adapun beberapa indikator pertumbuhan ekonomi 2021 diproyeksi akan berbalik positif dari tahun ini.

Pertama, konsumsi rumah tangga di 2021 secara bertahap akan membaik, seiring dengan pulihnya aktivitas ekonomi dalam kondisi new normal.

Kedua, konsumsi pemerintah diidorong untuk mendukung daya beli masyarakat melalui program perlindungan dengan didukung inflasi yang terjaga di level 3%.

Adapun anggaran perlindungan sosial dalam program pemulihan ekonomi (PEN) 2021 sebesar Rp 110,2 triliun.

Ketiga, investasi lebih tinggi sejalan dengan meningkatnya program pembangunan. Alhasil, semakin banyak investasi dari dalam negeri maupun luar negeri yang berdatangan ke Indonesia.

Keempat, perdagangan ekspor dan impor akan tumbuh, mengingat adanya potensi perbaikan supply dan demand di pasar global dengan harapan meredanya pandemi.

Kendati demikian, Menkeu tidak memungkiri tahun depan ekonomi dalam negeri masih penuh ketidakpastian. Hal ini mengingat ada ancaman terjadinya gelombang kedua pandemi Covid-19 terutama di Amerika Serikat (AS) dan Uni Eropa.

"Risiko ketidakpastian ini musti dikelola dengan kehati-hatian tinggi agar dampak negatif dapat dimitigasi atau diminimalkan. Sehingga pemulihan nasional maupun pemulihan ekonomi dapat berjalan namun pasti," kata Menkeu Sri Mulyani dalam Rapat Paripurna, Selasa (29/9).

Halaman
12
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved