Breaking News:

Januari 2021, Dana Desa Kabupaten Belitung Diharapkan Sudah Disalurkan

DPPKBPMD Kabupaten Belitung segera menyiapkan dokumen yang dibutuhkan untuk penyaluran Dana Desa tahap satu tahun anggaran 2021.

istimewa
ilustrasi dana desa 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Kabid Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Dinas Pengendalian Penduduk, keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPPKBPMD) Kabupaten Belitung Antonio Apriza terus berupaya melakukan percepatan penyaluran Dana Desa.

Oleh sebab itu, pihaknya segera menyiapkan dokumen yang dibutuhkan untuk penyaluran Dana Desa tahap satu tahun anggaran 2021.

Diantaranya laporan pertanggungjawaban, Rencana Kerja Pembangunan (RKP), pagu APBDes tahun 2021 beserta Peraturan Bupati sebagai dasar hukum penetapan pagu anggaran.

"Kami percepat semuanya, mudah-mudahan Januari 2021 Dana Desa tahap satu sudah bisa disalurkan," ujarnya kepada posbelitung.co, Jumat (2/10/2020).

Menurutnya proses penyaluran Dana Desa tahun anggaran 2020 mulai menunjukan perbaikan. Karena untuk pertama kalinya Dana Desa selesai disalurkan pada September 2020.

Berbeda pada tahun 2019, bulan November masih terdapat desa yang mengajukan pencairan.

"Kalau penyaluran di November, anggaran itu untuk apa lagi. Mudah-mudahan tahun ini bisa lebih cepat karena komposisinya 40,40 dan 20," jelasnya.

Selain itu, memasuki tahun 2020 seluruh desa di Kabupaten Belitung akan menerapkan sistem non tunai.

Program baru itu dilakukan untuk mencegah potensi penyalahgunaan keuangan desa.

Menurutnya rencana tersebut sudah disosialisasikan kepada semua desa.

"Jadi nanti tidak ada alasan lagi bagi kades dan kaur keuangan mencairkan uang di bank. Karena semua transaksi sudah non tunai sama seperti kabupaten," tegasnya.

Kemudian, 42 desa di Kabupaten Belitung juga akan menerapkan sistem keuangan desa (Siskeudes) secara online.

Menurut Anton, program tersebut akan menjadi percontohan di wilayah Provinsi Kepulauan Babel dan BPKP siap memberikan pelatihan pada November 2020 mendatang.

"Selama ini baru offline nanti dijadikan online dan itu menjadi yang pertama di Babel," ungkapnya. (Posbelitung.co/Dede Suhendar)

Penulis: Dede Suhendar
Editor: Fitriadi
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved