Breaking News:

KPU Beltim Terima Spesimen Surat Suara Pilkada 2020

Pengamanan surat suara memakai mikroteks yang disembunyikan dalam desain surat suara maupun security printing yang hanya diketahui KPU.

Penulis: Suharli | Editor: Fitriadi
Posbelitung.co/Suharli
Komisioner KPU Belitung Timur Divisi teknis penyeleggara, Yuli Restuardi menunjukan specimen surat suara Pilkada 2020, Jumat (2/10/2020). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - KPU RI memberikan kesempatan kepada KPU Beltim untuk melakukan finalisasi surat suara dengan menyerahkan foto, dan keputusan dengan nomor urut pasangan.

KPU RI memfasilitasi proses desain tersebut dan hasil keluaran spesimen surat suara, yang nantinya menjadi bahan dasar untuk dilakukan pengadaan dan pencetak suara dilakukan pada 9 desember akandatang.

"Tapi sebelum menuju tahap tersebut KPU Beltim akan melakukan approval atau permintaan persetujuan kepada pasangan calon melalui LO, terhadap desain surat suara yang sudah difinalkan ini,
yang perlu diketahui surat suara ini, selain bentuk dan format yang sudah diatur oleh KPU, terdapat juga aspek keamanan untuk menghindari proses pemalsuan surat suara," kata Komisioner KPU Belitung Timur Divisi teknis penyeleggara, Yuli Restuardi kepada Posbelitung.co, Jumat (2/10/2020).

Pengamanan surat suara memakai mikroteks yang disembunyikan dalam desain surat suara tersebut, maupun security printing yang hanya diketahui KPU RI dan KPU Beltim.

"Itu penting untuk pengamanannya. Rencana approval akan dilaksanakan pada senin, kami akan panggil LO atau pasangan calon, diberikan kesempatan memberikan masukan terkait dengan tampilan pada surat suara itu," jelasnya.

Dia juga menyampaikan berkenaan latar belakang foto KPU membuat standar seluruh Indonesia berlatar belakang warna merah putih.

Ada juga template alat bantu pemilih tuna netra, khusus bagi pemilih tuna netra di beberapa TPS yang diidentifikasi berdasarkan hasil pendataan Data Pemilih Sementara (DPS) yang nanti akan ditetapkan.

"Jika ada pemilih yang tunanetra, maka TPS akan dibantu alat bantu coblos, alat bantu coblos bagi tunatra dilengkapi huruf braile, yang memungkin pemilih tersebut untuk memilih langsung menentukan pilihannya tanpa didampingi," ujarnya.  (Posbelitung.co/Suharli)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved