Breaking News:

Ini Kayu Termahal di Dunia 'Emas Hijau' yang Diagungkan, Jadi Incaran Penyelundup Timor Leste

Sabtu, 3 Oktober 2020 lalu, aparat TNI dari Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif RK 744/SYB, menggagalkan penyelundupan 200 kilogram kayu cendana dari Timor L

Penulis: tidakada008
Editor: Rusmiadi
via Kompas.com
Ilustrasi Timor Leste 

POSBELITUNG.CO - Sabtu, 3 Oktober 2020 lalu, aparat TNI dari Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif RK 744/SYB, menggagalkan penyelundupan 200 kilogram kayu cendana dari Timor Leste, ke wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Mengutip Kompas.com, Upaya penyelundupan itu berhasil digagalkan setelah personel Pos Salore Kipur 1 Satgas Pamtas Yonif RK 744/SYB yang dipimpin oleh Wadanpos Salore Sertu Firman Wahyu, bersama staf intel melaksanakan sweeping.

Pihaknya menangkap dua orang yang mengangkut kayu cendana tersebut dari Timor Leste, dengan menggunakan mobil Toyota Avanza dengan nomor polisi DH 1362 AM.

Dari hasil sweeping tersebut diketahui dua orang yang mengangkut cendana itu berinisial SEL (33) dan EK (32), yang merupakan warga Atambua dan Kupang.

 Kayu cendana yang punya julukan 'Emas Hijau' itu dikenal memiliki harga yang tinggi, bahkan termasuk kayu termahal. Setiap pohon yang berusia 20-30 tahun dapat bernilai puluhan juta.

Cendana (Santalum album) merupakan tanaman yang tumbuh di daerah Sunda Besar dan Sunda Kecil (saat ini adalah wilayah Sumatera, Jawa, Bali, Sumba, Timor).

Namun, cendana putih yang dimiliki oleh Timor diduga merupakan tanaman asli wilayah Timor.

Itulah yang menyebabkan cendana Pulau Timor menjadi komoditas termahal pada abad ke-14.

Melansir Kompas.com, Cendana Pulau Timor dihargai sangat mahal dan menjadi komoditas spesial pada masa awal globalisasi dunia.

Sementara itu, Pulau Timor pada abad ke-16 terkenal sebagai satu-satunya sumber cendana terbaik di dunia.

Halaman
1234
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved