Breaking News:

Lembaga Adat Melayu Belitong Lakukan Seresehan Buku Tentang Adat Istiadat Belitong (VIDEO)

Lembaga Adat Melayu Belitong melakukan saresehan buku di rumah adat Belitong tentang mengenal prosesi pernikahan dan piranti penganten adat Belitong

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Lembaga Adat Melayu Belitong, Selasa (6/10/2020) melakukan saresehan buku. Saresehan yang terlaksana di rumah adat Belitong tersebut, tentang mengenal prosesi pernikahan dan piranti penganten adat Belitong.

Saresehan yang di ikuti oleh penghulu Desa, mak inang, dan dukun kampong itu sebagai bentuk mengenal prosesi pernikahan dan piranti penganten adat Belitong.

Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem) dan Anggota DPR RI dapil Bangka Belitung H Darmansyah Husein secara langsung hadir mengikuti saresehan tersebut.

Ketua Lembaga Adat Melayu Belitong Abdul Hadi Hajin mengatakan, saresehan ini di lakukan sebagai bentuk upaya seluruh lembaga adat untuk menggali dan melestarikan adat istiadat yang dinilai belakang ini mulai 'tenggelam'.

"Ini harus di bangkitkan kembali, apalagi prosesi ini sudah di susun dan sudah ada Peraturan Daerah (Perda) nya. Perda ini sudah hampir 20 tahun ada, tapi sudah tenggelam, dan kita timbulkan kembali," ungkap Hadi Hajin-biasa disapa, selasa (6/10/2020).

Perda nomor 2 tahun 2013 tentang pelestarian adat istiadat dan pemberdayaan lembaga adat Melayu Belitong, harus di sosialisasikan kembali, agar adat istiadat dalam sebuah prosesi pernikahan bisa populer seperti tertera dalam Perda nomor 11 tahun 2001 tentang pakaian adat dan rumah adat Belitong serta Perda 3 tahun 2003 tentang prosesi perkawinan adat dan pakaian adat.

"Ini harus di angkat kembali, agar bisa di lestarikan dan di terapkan di masyarakat, karena dalam buku tersebut masih ada yang belum lengkap, pertama terkait dengan filosofi makan bedulang misalkan, ini harus dibuatkan filosofi atau maka nya apa," ujarnya. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Tomi
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved