Breaking News:

jaga kebersihan

Masyarakat Diingatkan Jaga Kebersihan

Pasca diresmikannya Tugu Adipura Kota Manggar kemarin, masyarakat diingatkan agar terus menjaga kebersihan kota.

(Posbelitung.co/BryanBimantoro)  
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Belitung Timur Novis Ezuar.(Posbelitung.co/BryanBimantoro)   

POSBELITUNG.CO, BELITUNG- Pasca diresmikannya Tugu Adipura Kota Manggar kemarin, masyarakat diingatkan agar terus menjaga kebersihan kota. Berdasarkan data dari Dinas Lingkungan Hidup Belitung Timur, volume timbunan sampah di tujuh kecamatan di Beltim sejumlah 18,2 ribu ton per tahun pada 2019. Dengan jumlah penduduk pada saat itu sebanyak 124.768 jiwa, maka produksi sampah per orang di Beltim ialah 0,4 kilogram per hari pada 2019.

Dengan banyaknya sampah yang dihasilkan tahun 2019 tersebut ditambah dengan tahun 2020 yang sedang berjalan mengakibatkan TPA atau landfill di Beltim hampir full. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Belitung Timur Novis Ezuar mengatakan daya tampung di landfill tersebut hanya bisa menampung selama satu tahun lagi.

Ia mengaku sudah mengajukan ke pusat untuk pembangunan landfill lagi. Saat ini pihaknya tengah menyiapkan persyaratan yang disyaratkan.

"Jika sudah ada landfill baru maka bisa sampai 10 tahun ke depan menampung sampah yang diproduksi masyarakat," kata Novis kepada posbelitung.co saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (6/10/2020).

Atas hal tersebut, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Belitung Timur Novis Ezuar mengatakan akan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar produksi sampah tidak semakin banyak. Karena semakin banyak timbulan sampah maka masalah-masalah baru terkait lingkungan juga akan muncul.

Sosialisasi ini berupa memberikan edukasi bahwa jangan menggunakan barang sekali pakai, seperti plastik dan styrofoam. Karena selain menimbulkan banyak sampah, dua benda tersebut lama sekali baru bisa terurai di tanah.

"Kami harapkan bahwa masyarakat harus bisa berkontribusi menjaga kebersihan kota agar Piala Adipura bisa kita pertahankan sampai tahun-tahun mendatang," ujar Novis.

Ia berterima kasih pada Bupati Beltim Yuslih Ihza yang telah membangun Tugu Adipura yang baru diresmikan tanggal 5 Oktober 2020 lalu. Tugu ini dijadikan pengingat bahwa Kota Manggar mendapatkan Piala Adipura pertama kalinya dalam sejarah pada tahun 2018.

Piala Adipura ini juga tak lepas dari kontribusi mulia para petugas kebersihan di Beltim. Ia mengapresiasi kerja keras petugas kebersihan dalam membersihkan Kota Manggar. Atas kontribusi tersebut, Bupati Yuslih memberikan bantuan sebanyak 100 paket pada mereka.

Lebih jauh, ia juga ingin semua pihak mulai dari tingkat desa agar bersinergi membangun awareness masyarakat mengenai kebersihan lingkungan. Ia berharap dengan kerja keras semua pihak, Piala Adipura akan terus didapatkan oleh Kota Manggar. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: Fery Laskari
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved