Breaking News:

KPPN Tanjungpandan Salurkan Semua Dana Alokasi Khusus Fisik Hingga Dana Desa, Ini Rinciannya

Mekanisme penyaluran dana transfer ke daerah yaitu DAK fisik, cadangan DAK Fisik dan dana desa terus mengalami perubahan dan penyesuaian

Posbelitung.co / istimewa/Dok KPPN Tanjungpandan
Kepala KPPN Tanjung Pandan Yessy Silvia Maharini 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Tanjungpandan telah menyalurkan seluruh cadangan DAK (dana alokasi khusus) fisik dan dana desa, Tahun  Anggaran 2020 pada Kabupaten Belitung dan Kabupaten Belitung Timur, Rabu pekan lalu.

Sebelumnya DAK fisik tahun anggaran 2020 pada dua kabupaten tersebut juga telah disalurkan pada 26 Agustus 2020 lalu.

"Dengan demikian seluruh dana transfer ke daerah yang disalurkan melalui KPPN Tanjungpandan yaitu DAK fisik, cadangan DAK fisik dan dana desa Tahun Anggaran 2020 telah disalurkan," kata Kepala KPPN Tanjungpandan Yessy Silvia Maharini dalam rilis yang diterima posbelitung.co, Rabu (7/10/2020).

Ia menjelaskan, terjadinya pandemi sejak Maret lalu memang berdampak pada berbagai segi kehidupan, terutama stabilitas perekonomian.

Hal tersebut mendorong pemerintah pusat untuk membuat kebijakan baru yakni, mengubah regulasi buat mendukung pemulihan ekonomi nasional. termasuk regulasi penyaluran dana transfer ke daerah yaitu DAK fisik dan dana desa.

Ia menjelaskan mekanisme penyaluran dana transfer ke daerah yaitu DAK fisik, cadangan DAK Fisik dan dana  desa terus mengalami perubahan dan penyesuaian.

Seperti adanya perubahan prioritas penyaluran dana desa yang diprioritaskan untuk BLT desa, perubahan pagu baik pagu DAK fisik dan dana desa.

Penyederhanaan syarat penyaluran hingga penyaluran dengan tahapan relaksasi. Hal itu dilakukan agar mendukung program pemerintah dalam menjaga stabilitas ekonomi nasional.

Peraturan terakhir yang menjadi dasar penyaluran DAK fisik, cadangan DAK fisik dan dana desa adalah Peraturan Menteri Keuangan nomor 101/PMK.07/2020, tentang penyaluran dan penggunaan transfer ke daerah dan dana desa tahun anggaran 2020 untuk

Mendukung penanganan pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional, Yessy juga menegaskan bahwa terhitung sampai tanggal 30 September 2020, pihaknya telah menyelesaikan 100 persen penyaluran DAK fisik, cadangan DAK fisik, dan dana desa.

Halaman
12
Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Rusmiadi
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved