Breaking News:

Berita Belitung

5.822 Siswa SMA/SMK Belitung dan Belitung Timur Dipastikan Menerima Subsidi Kuota

Sebanyak 5.822 siswa yang dipastikan menerima subsidi kuota data internet. Jumlah tersebut dari sebanyak 9.790 orang siswa SMA/SMK

Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IV Provinsi Bangka Belitung Adi Zahriadi. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG-- Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IV Provinsi Bangka Belitung mencatat hingga saat ini ada sebanyak 5.822 siswa yang dipastikan menerima subsidi kuota data internet. Jumlah tersebut dari sebanyak 9.790 orang siswa SMA/SMK sederajat yang terdaftar.

"Data yang kami catat tersebut merupakan data per 1 Oktober 2020. Kemudian data ini tergantung hasil verifikasi dan validasi provider, artinya data tersebut sudah dipastikan menerima paket kuota dari kemdikbud," kata Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IV Provinsi Bangka Belitung Adi Zahriadi, Jumat (9/10/2020).

Sementara itu, bagi guru sudah ada 388 guru yang menerima kuota dari sebanyak 634 guru yang terdaftar. Hingga saat ini guru maupun siswa yang belum menerima bantuan kuota tersebut belum mengunggah surat pernyataan tanggung jawab mutlak (SPTJM).

Adi juga menyebut, sejauh peran pihaknya dalam memfasilitasi sekolah berupa melaporkan data yang telah menerima baik siswa maupun guru ke dinas pendidikan. Juga meminta sekolah mempercepat penyelesaian penginputan data ini melalui sistem dapodik terutama data yang tidak lolos verifikasi dan validasi provider.

"Kami juga monitoring terhadap upaya sekolah untuk memaksimalkan paket yg diterima siswa dan guru ini. Karena memang saat ini pembelajaran juga masih kombinasi daring/online dan kbm tatap muka seluruh sekolah," jelasnya

Menurut Adi, penggunaan paket kuota internet sudah ditentukan untuk keperluan belajar siswa dan fasilitasi guru dalam kbm daring.

Seperti diberitakan sebelumnya, siswa tingkat menengah akan menerima subsidi kuota sebanyak 35 gigabita. Sementara guru atau pendidik mendapatkan 42 gigabita per bulan yang masing-masing akan menerima selama empat bulan.

Pada pemberian kuota tersebut dikategorikan dalam kuota umum bisa digunakan buat mengakses semua laman dan aplikasi. Juga kuota belajar hanya buat mengakses laman dan aplikasi pembelajaran. Dari data ada sebanyak 19 aplikasi, video conference, dan 22 laman yang bisa diakses mendukung pembelajaran jarak jauh.

SLB Mulai KBM Tatap Muka

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IV Provinsi Bangka Belitung Adi Zahriadi menyebut hingga saat ini seluruh SMA/SMK dan sederajat masih terus menerapkan pembelajaran tatap muka yang dikombinasikan dengan pembelajaran daring. Belum ada kepastian hingga kapan kombinasi ketua sistem belajar tersebut diterapkan.

Tak hanya ditingkat SMA/SMK, pembelajaran tatap muka yang sempat ditiadakan selama pandemi kini telah dilakukan pula pada siswa sekolah luar biasa (SLB). Aktivitas pembelajaran bagi siswa sekolah tersebut sudah dimulai pada pertengahan September lalu.

"KBM tatap muka di SLB itu tanggal 14 September," kata Adi. (Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved