Breaking News:

Berkebun Bisa Bikin Umur Panjang? Ternyata Ini Alasan dan Penjelasannya

Ini bukan hanya tentang efek kesehatan: manfaat sosial saat kitaberkebun juga dapat meningkatkan umur panjang.

Dok Pribadi
Ilustrasi - Penelitan melaporkan manfaat berkebun sebagai terapi hortikultura. Sinar matahari dan udara segar, misalnya, membantu para lansia merasa lebih tenang, sedangkan warna dan tekstur berbagai tanaman dan sayuran dapat meningkatkan kemampuan visual dan sentuhan. 

Berkebun Bisa Bikin Umur Panjang, Ini Penjelasannya

POSBELITUNG.CO - Dan Buettner dari American National Geographic telah mempelajari lima tempat di seluruh dunia di mana penduduknya terkenal karena umur panjang mereka yakni, Okinawa di Jepang, Nicoya di Kosta Rika, Icaria di Yunani, Loma Linda di California, dan Sardinia di Italia.

Orang yang tinggal di wilayah yang disebut "zona biru" ini memiliki beberapa kesamaan yakni, kebiasaan olahraga rutin, kedekatan dengan keluarga dan sosal, serta pola makan sehat.

Tapi satu persamaan yang tak terduga yaitu mereka sama-sama suka berkebun hingga usia lanjut.

Lalu, bisakah bercocok tanam membuat kita lebih panjang umur?

Kita tentu sudah tahu bahwa menerapkan gaya hidup luar ruangan alias dekat dengan alam, ditambah dengan aktivitas fisik kerap dikaitkan dengan umur yang lebih panjang.

Nah ketika berkebun, kita akan mendapatkan kedua manfaat tersebut.

“Jika kamu berkebun, kamu melakukan aktivitas fisik dengan intensitas rendah hampir setiap hari, dan kamu cenderung bekerja secara rutin,” kata Buettner.

Buettner mengatakan bahwa sudah banyak penelitian yang dilakukan dan membuktikan bahwa mereka yang rajin berkebunbisa hidup lebih lama, karena stres yang berkurang.

Penelitian juga mengungkap bagaimana berkebun memiliki manfaat untuk kesehatan fisik dan mental.

Halaman
1234
Penulis: tidakada007
Editor: Rusmiadi
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved