Breaking News:

Belitung Punya Berbagai Cagar Budaya di Tengah Kota Tanjungpandan (VIDEO)

Kota Tanjungpandan, ternyata mempunyai 24 cagar budaya yang berada di seputaran Kelurahan Kota, Kelurahan Tanjung Pendam, dan Kelurahan Parit.

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Kota Tanjungpandan, ternyata mempunyai 24 cagar budaya yang berada di seputaran Kelurahan Kota, Kelurahan Tanjung Pendam, dan Kelurahan Parit.

Jarak tempuh antara satu cagar budaya ke cagar budaya lain, hanya memerlukan waktu beberapa menit saja mengggunakan kendaraan roda dua.

Tentunya sangat cocok, apabila kawasan itu, disebut sebagai kota tua.

Lantaran terdapat puluhan bangunan yang berada di kawasan Kota Tanjungpandan ini, sudah berusia di atas 50 tahun.

Di samping cagar budaya ini, dipastikan akan menambah objek wisata baru di Belitung.

"Paling banyak cagar budaya itu di tengah kota, itu ada puluhan. Kami dulu punya wacana ingin membuat kawasan kota tua dan itu menjadi cita-cita kami. Objek nya cagar budaya itu," ungkap Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Belitung Alwan Hadi kepada Posbelitung.co, Jumat (9/10/2020).

Pertimbangan cagar budaya itu sebagai objek kawasan kota tua, lantaran jarak antara satu cagar budaya dengan cagar budaya lain nya tidak jauh.

Sehingga, sangat diharapkan bagian depan tampilan bangunan tua itu, tidak diubah bentuk.

"Kalau bagian dalam tidak masalah, karena didalam undang-undang kalau bagian dalam diubah, tidak jadi persoalan, itu nama nya fase adaptasi. Kota tua itu sudah menjadi impian kami," ujarnya. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Tomi
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved