Berita Bangka Selatan

Saat Cuaca Ekstrem Nelayan Hilang di Perairan Tanjung Sangkar, Tim SAR Gabungan Lakukan Pencarian

Pencarian terhadap seorang nelayan cumi , Kambia (51) asal Desa Kumbung yang hilang saat melaut di Perairan Tanjung Sangkar Kabupaten Bangka Selatan

Penulis: Jhoni Kurniawan | Editor: nurhayati
Dok/Basarnas Pos SAR Belitung
Ilustrasi proses pencarian nelayan hilang 

POSBELITUNG.CO--Pencarian terhadap seorang nelayan cumi , Kambia (51) asal Desa Kumbung yang hilang saat melaut di Perairan Tanjung Sangkar Kabupaten Bangka Selatan, Minggu (11/10/2020) terus dilakukan oleh Tim SAR Gabungan.

Peristiwa hilangnya nelayan ini menurut Sekretaris Desa Kumbung yang akrab disapa Revan KBG dari cerita rekan korban, Dimas, mereka sama-sama memancing cumi.

"Dari pengakuan Dimas, yang sekapal dengan Kambia sempat tidur untuk beristirahat karena cuaca sedang tidak bagus, namun saat Dimas terbangun ternyata Kambia sudah hilang," ungkap Revan saat dikonfirmasi Bangkapos.com, Minggu (11/10/2020).

Proses Pencarian Nelayan Hilang di Perairan Munsang Dihentikan

Dari pengakuan Dimas lanjut Revan, sekitar pukul 24.00WIB, angin kencang disertai hujan melanda sehingga keduanya berteduh sekaligus istirahat di dalam kamar kapal yang digunakan mereka.

Namun seketika, saat Dimas bangun sekirtar jam 02.00 WIB, Kambia (51) tidak lagi ada di kapal dan menghilang dan Dimas tak mengetahui keberadaan rekannya ini.

"Dari pengakuan Dimas, ia tak mengetahui apakah Kambia ini terbangun untuk mengecek pancing atau sebagainya namun ternyata hilang," kata Revan.

Mengetahui rekannya hilang, Dimas dengan segera menuju ke daratan dan menceritakan kejadian ini dan meminta bantuan untuk mencari keberadaan Kambia yang hingga kini belum ditemukan.

Tiga Hari Nelayan Hilang di Perairan Rebo, Dul Congek Belum Ditemukan,Tim Gabungan Lakukan Pencarian

Pencarian Terhadap Kambia (51), seorang nelayan cumi yang hilang di Perairan Tanjung Sangkar Kabupaten Bangka Selatan
Pencarian Terhadap Kambia (51), seorang nelayan cumi yang hilang di Perairan Tanjung Sangkar Kabupaten Bangka Selatan (Ist/Basarnas Babel)

Pencarian Tertunda, Dilanjutkan Hari Ini Senin (12/11/2020)

Pencarian terhadap seorang nelayan cumi yang terjatuh di Perairan Tanjung Sangkar Kabupaten Bangka Selatan, Kambia (51) terpaksa ditunda.

Penundaan pencarian terhadap Kambia (51) bukanlah tanpa alasan, mengingat cuaca saat ini di Perairan Tanjung Sangkar yang masih buruk.

Komandan Pos Pengamat TNI AL Toboali, Peltu Bahari Darsidi saat dikonfirmasi pada Minggu malam, (11/10/2020) menyebutkan proses pencarian telah dibantu oleh tim yang berada di Pos Sadai.

"Proses pencarian terhadap nelayan ini dibantu oleh rekan-rekan di Pos Sadai dan tim lainnya, namun pencarian dihentikan dulu mengingat kondisi saat ini yan tidak mendukung," jelas Bahari.

Proses Pencarian Nelayan Hilang di Perairan Karang Batu Belitung Timur (VIDEO)

Namun demikian saat ini tim masih berada di Pelabuhan Sadai dan siap serta tetap siaga.

Lebih lanjut ia mengatakan proses pencarian akan dilanjutkan esok hari sehingga upaya pencarian lebih maksimal dan optimal. 

Halaman
12
Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved