Breaking News:

Kapolres Beltim Ajak Pendukung dan Paslon di Pilkada Beltim Hindari Hate Speech dan Black Campaign

Tahapan kampanye Pilkada Beltim saat ini sudah berlangsung hampir tiga pekan sejak dimulai tanggal 26 September 2020

Posbelitung.co/BryanBimantoro
Kapolres Beltim AKBP Jojo Sutarjo 

POSBELITUNG.CO - Tahapan kampanye Pilkada Beltim saat ini sudah berlangsung hampir tiga pekan sejak dimulai tanggal 26 September 2020.

Berbagai cara dilakukan oleh oleh masing-masing tim sukses untuk memengaruhi pemilih. Karena itu, Kapolres Beltim AKBP Jojo Sutarjo mengajak tim sukses maupun dua pasangan calon agar tidak melakukan cara-cara kampanye yang menimbulkan pelanggaran, khususnya di dunia maya.

Jojo mengatakan pihaknya tidak hanya melaksanakan pengamanan dan pengawalan tapi juga melaksanakan pemantauan di dunia maya. Menurut Jojo, sebelumnya banyak indikasi adanya black campaign serta politik identitas yang tersebar di dunia maya.

"Kami minta kepada para pendukung dan pasangan calon bakal calon agar bijak bermedia sosial dalam masa kampanye. Tidak melakukan black campaign, politik identitas, ataupun hatespeech demi mendapatkan suara. Bersainglah secara bermartabat,” tegas Jojo, Selasa (13/10/2020).

Saat ini Polres Belitung Timur sendiri telah membentuk tim patroli cyber dan juga ikut dalam satgas nusantara yang akan mengawasi pergerakan di media sosial yang beredar di wilayah hukum Belitung Timur. Jojo bilang patroli ini tidak hanya terkait Pilkada tapi juga terkait hoaks serta hate speech di dunia maya.

Kata Jojo tujuan dari patroli cyber ini supaya mencegah terjadinya konflik atau pelanggaran kampanye yang digunakan oleh oknum-oknum tertentu untuk membuat situasi kamtibmas tidak kondusif serta demi mencari keuntungan kelompoknya.

“Kami akan tegas melakukan tindakan pencegahan maupun penegakan hukum sebagaimana diatur di dalam UU nomor 19 tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik apabila nantinya ditemukan pelanggaran hukum," tutup Jojo. (Posbelitung.co/ BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: Khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved