Breaking News:

Advertorial

Kinerja Pelayanan Pajak Kabupaten Belitung Dinilai Baik, Bupati Terima Penghargaan KSWP

PEMERINTAH Kabupaten Belitung menerima penghargaan Implementasi Konfirmasi Status Wajib Pajak (KSWP) dari Kantor Direktorat Jenderal Pajak Sumatera

Kinerja Pelayanan Pajak Kabupaten Belitung Dinilai Baik, Bupati Terima Penghargaan KSWP - bupati-belitung-h-sahani-saleh-menerima-penghargaan-dari-kepala-kantor-pajak-pratama-wilayah.jpg
Pos Belitung / Disa Aryandi
BUPATI Belitung H Sahani Saleh menerima penghargaan dari Kepala Kantor Pajak Pratama wilayah Tanjungpandan Mona Junita Nasution, yang mewakili Dirjen Pajak Sumatera Selatan dan Kepulauan Bangka Belitung di ruang rapat Bupati Belitung, Senin (12/10).
Kinerja Pelayanan Pajak Kabupaten Belitung Dinilai Baik, Bupati Terima Penghargaan KSWP - bupati-belitung-h-sahani-saleh-menerima-penghargaan-1.jpg
Pos Belitung / Disa Aryandi
BUPATI Belitung H Sahani Saleh menerima penghargaan dari Kepala Kantor Pajak Pratama wilayah Tanjungpandan Mona Junita Nasution, yang mewakili Dirjen Pajak Sumatera Selatan dan Kepulauan Bangka Belitung di ruang rapat Bupati Belitung, Senin (12/10).

POSBELITUNG.CO,BELITUNG--Pemerintah Kabupaten Belitung menerima penghargaan Implementasi Konfirmasi Status Wajib Pajak (KSWP) dari Kantor Direktorat Jenderal Pajak Sumatera Selatan dan Kepulauan Bangka Belitung, Senin (12/10/2020).

Penghargaan ini diberikan karena kinerja Dinas Penanaman Modal Penanaman Terpadu Satu Pintu (DPTMPTSP) Kabupaten Belitung dinilai baik. Terutama dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, dengan memanfaatkan teknologi informasi.

Penghargaan diserahkan di ruang rapat Bupati Belitung oleh Kepala Kantor Pajak Pratama Wilayah Tanjungpandan, Mona Junita Nasution yang mewakili Dirjen Pajak Sumatera Selatan dan Kepulauan Bangka Belitung kepada Bupati Belitung, H Sahani Saleh S Sos didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten Belitung, H MZ Hendra Caya.

Bupati Belitung mengaku tidak pernah berfikir akan mendapatkan penghargaan itu. Ia hanya berupaya memaksimalkan pendapatan pajak daerah dengan memaksimalkan pelayanan DPTMPTSP dan Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kabupaten Belitung dengan tetap mengikuti aturan.

“Jadi kami tidak pernah terpikir dan tidak ada kepikirian untuk mendapatkan penghargaan ini. Selama ini kami bekerja mengikuti aturan yang ada, alhamdulillah hasilnya seperti ini,” ungkap H Sahani Saleh S Sos, Senin (12/10/2020).

Menurutnya, penghargaan ini diberikan karena Pemerintah Kabupaten Belitung dianggap berhasil dalam mengelola pajak daerah. Salah satunya daftar atau data orang wajib pajak yang tertata dengan baik serta kepatuhan masyarakat dalam membayar pajak.

“Jadi kami mendapat nilai baik dalam menjalankan aturan dengan baik. Untuk memaksimalkan kinerja pajak ke depan, kami akan bekerja sama dengan pajak pratama, karena pajak pratama kan kaitannya dengan pajak pusat,” ujarnya.

Menurut Bupati, ke depan Pemerintah Kabupaten Belitung harus melakukan pemantapan, terutama untuk memanfaatkan teknologi informasi sehingga wajib pajak bisa melakukan pembayaran secara non tunai bekerjasama dengan perbankan.

“Ini sudah berjalan dan ini juga yang dianggap berhasil, hanya saja perlu dikembangkan lagi. Jadi dimana saja orang bisa bayar pajak, yang penting ada tagihannya. Tagihan pajak juga sekarang sudah bisa dilihat secara online, jadi semua nantinya cukup menggunakan handphone android saja,” jelasnya.

KSWP merupakan kegiatan yang dilakukan oleh instansi pemerintah, sebelum memberikan layanan publik. Untuk memperoleh keterangan status wajib pajak, sesuai dengan Permendagri Nomor 112 Tahun 2016 tengang KSWP dalam pemberian layanan publik tertentu di lingkungan Pemerintah Daerah.

KSWP merupakan perwujudan perimbangan antara hak dan kewajiban yang akan diterima oleh pelaku usaha. KSWP juga merupakan salah satu bentuk harmonisasi antara Direktorat Jenderal Pajak dengan instansi Pemerintah yang lain.

“Nah bukti itu adalah seperti sekarang ini, antara Direktorat Jenderal Pajak Sumatera Selatan dan Kepulauan Bangka Belitung dengan Pemerintah Kabupaten Belitung. Ini terjalin kerjasama berupa KSWP,” kata Kepala Kantor Pajak Pratama Wilayah Tanjungpandan, Mona Junita Nasution. (Advertorial/tas)

Editor: nurhayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved