Breaking News:

KPU Beltim akan Rapat Pleno DPS HP 16 Oktober 2020

Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) sudah dilakukan rapat pleno ditingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS)

Penulis: Suharli | Editor: Khamelia
posbelitung/suharli
Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Beltim, Rizky Rinaldi saat berada di ruang kerjanya. Selasa (13/10/2020) 

POSBELITUNG.CO - Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) sudah dilakukan rapat pleno ditingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Belitung Timur beberapa waktu lalu.

Dimana pleno dilaksanakan mulai tanggal 4-6 Oktober 2020 ditingkat PPS atau tingkat desa, dan 7-9 Oktober 2020 pleno ditingkat PPK.

Sedangkan rencana untuk tingkat Kabupaten akan dilaksanakan pleno pada kisaran tanggal 9-16 Oktober 2020 akan datang.

KPU Beltim renccananaya akan memilih tanggal 16 guna mengoptimalisasi data-data pemilih yang masuk. 

"Agar data-data itu betul betul update. Jadi misal ada yang meninggal atau pindah domisili, atau masuk TNI/Polri jadi masih bisa terdata di Kabupaten," Divisi  Perencanaan, Data dan Informasi KPU Beltim, Rizky Rinaldi kepada posbelitung.co, Selasa (13/10/2020).

Jumlah DPS kabupaten 89.851, Berdasarkan rekap sementara dari tingkat kecamatan DPS HP 89.797, kendati demikian, menurut Rizky diperkirakan akan ada kenaikan dari jumlah DPS Data ini akan terus bergerak.

"Untuk DPT (Daftar Pemilih Tetap) akan kami sampaikan sesuai tahapan pada (16/10) akan datang," ujarnya.

Dia menambahkan, setelah penetapan DPT, KPU masih akan terus mendata, terkait data pemilih pindahan.

Rizky menjelaskan data pemilih yang di DPT itu misalnya dengan alasan tertentu tidak menggunakan hak pilihnya di TPS yang pemilih terdaftar, bisa menggunakan hak pilihnya  di tempat lain tetapi masih dalam satu wilayah pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Beltim 2020.

"Bagi masyarakat yang ingin mengikuti pemilihan dan dipastikan tidak berada ditempat TPS terdaftar, bisa mengajukan pindah memilih dengan menghubungi PPS setempat atau PPS tujuan untuk mendapatkan formulir A5, dari formulir A5 akan direkap kembali berapa perubahan data terkait perubahan data masyarakat melakukan pindah memilih," sebutnya. (Posbeltung.co,suharli)

Sumber: PC Plus
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved