Breaking News:

Inilah 9 Negara Terkaya di Dunia Tahun 2020, Lalu Indonesia di Posisi Urutan Ini

Ada beberapa hal yang membuat suatu negara diberi julukan sebagai negara terkaya di dunia, misalnya dari pendapatan per kapita para warga negaranya

Editor: Rusmiadi
(Wikipedia)
Qatar 

POSBELITUNG.CO - Apa yang dipikirkan banyak orang ketika berpikir tentang negara terkaya di dunia? Apa terlintas di benak mereka negara yang terkecil di dunia.

Tidak sedikit orang akan terkejut mengetahui bahwa negara-negara terkaya di dunia, juga termasuk negara paling kecil di dunia.

Seperti beberapa negara kecil tetapi sangat kaya seperti Luksemburg, Singapura, Swiss, dan Irlandia mendapatkan keuntungan, karena memiliki sektor keuangan dan rezim pajak yang canggih yang membantu menarik investasi asing dan pekerja profesional.

Negara lain seperti Qatar, Brunei dan Kuwait memiliki cadangan hidrokarbon yang besar atau sumber daya alam yang menguntungkan.

Negara-negara lebih besar dengan populasi yang relatif kecil seperti Norwegia dan Uni Emirat Arab, yang merupakan dua negara yang menjadi kekuatan besar dalam sektor tenaga listrik kaya minyak dan gas, termasuk daftar 10 besar negara terkaya menurut Dana Moneter Internasional (IMF).

Ada beberapa hal yang membuat suatu negara diberi julukan sebagai negara terkaya di dunia, misalnya dari pendapatan per kapita para warga negaranya hingga besarnya Pendapatan Domestik Bruto (PDB).

Berikut urutan negara terkaya di dunia 2020 dikutip dari Global Finance:

Qatar

Negara di Timur Tengah ini menjadi negara terkaya di dunia urutan satu dengan PDB atas dasar paritas daya beli (PPP) mencapai 132.886 dollar AS.

Sumber kekayaan negara ini diketahui berasal dari cadangan minyak, gas, dan petrokimia yang sangat besar, tidak sebanding dengan populasi yang sangat kecil, yakni hanya 2,8 juta jiwa.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved