Breaking News:

Pilkada Belitung Timur

KPU Belitung Timur Gelar Rakor Persiapan Pleno DPT

Divisi perencanaan data dan informasi Rizky Rinaldi mengatakan dalam rapat koordinasi proses awal data dari data DP4 dari Mendagri.

Posbelitung.co/Suharli
KPU Belitung Timur rapat koordinasi persiapan pleno DPT di Kantor KPU Belitung Timur. Kamis, (15/10/2020) 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG -- Satu hari menjelang penetapan Pleno Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Belitung Timur 2020, KPU Belitung Timur menggelar rapat koordinasi persiapan Pleno DPT.

Rapat Penetapan pleno DPT akan dilaksanakan KPU Belitung Timur pada hari Jumat, (15/10/2020).

Pada rapat yang dilaksanakan di Kantor KPU Belitung Timur, turut dihadiri Bawaslu Beltim, Disdukcapil dan PPK se-Beltim.

Divisi perencanaan data dan informasi KPU Belitung Timur, Rizky Rinaldi mengatakan dalam rapat koordinasi proses awal data dari data DP4 dari Mendagri sehingga sampai proses ini.

"Besok Jumat kami akan memplenokan pada tanggal 16 Oktober, semula akan dilaksanakan tanggal 14 Oktober 2020 namun KPU Beltim mengambil hari akhir untuk memfinalkan data sehingga tidak ada lagi yang tidak masuk dalam daftar pemilih karena merujuk regulasi sangat susah untuk memasukkan pemilih apabila sudah lewat tahapan. Perkembangan jumlah pemilih Belitung Timur pertahapan,"  jelas Rizky, Kamis (15/10/2020) kepada Posbelitung.co.

Perwakilan Disdukcapil, Puji menyampaikan bahwa di undang-undang menjelaskan bahwa data administrasi yang digunakan adalah data awal dari kemedagri.

"Untuk pemilih baru dapat melakukan perekaman KTP elektronik. Stok untuk blanko masih tersedia. Disdukcapil memiliki kegiatan jemput bola untuk melakukan perekaman pihak desa dapat bersurat ke disdukcapil," kata Puji

Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Belitung Timur, Ihsan Jaya dalam rakor tersebut menyampaikan dari hasil pengawasan Bawaslu bahwa ada satu KK yang belum masuk dalam DPS dan DPSHP.

Menurutnya proses Pemuktahiran daftar Pemilih tidak hanya sampai DPT tetapi sampai saat hari menjelang pemungutan suara sehingga meminta masukan dan saran kepada Disdukcapil apabila ada Pemilih nantinya ada pemilih yang baru melakukan perekaman. ( Posbelitung.co / Suharli )

Penulis: Suharli
Editor: nurhayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved