Breaking News:

Pilkada Belitung Timur

Ini Jumlah DPT Belitung Timur untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Beltim 2020

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Belitung Timur mengelar rapat pleno Daftar Pemilih Tetap (DPT) di ruang pertemuan Rumah Makan Fega Manggar.

Posbelitung.co/Suharli
Rapat Pleno DPT pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Belitung Timur 2020, bertampat di ruang pertemuan rumah Makan Fega. Jumat (16/10/2020) 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Belitung Timur mengelar rapat pleno Daftar Pemilih Tetap (DPT) di ruang pertemuan Rumah Makan Fega Manggar.

Dalam pleno itu ditetapkan jumlah DPT sebanyak 89.790 pemilih pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Belitung Timur 2020.

Komisioner KPU Belitung Timur, Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Rizky Rinaldi menyampaikan jumlah tersebut berkurang tujuh pemilih dari Daftar Pemilih Sementara Hasil Perubahan (DPSHP) yang ditetapkan oleh PPK pada 9 Oktober 2020 lalu, yakni sebanyak 89.797 pemilih.

"Berbeda karena rapat pleno PPK terakhir 9 Oktober lalu, sedangkan KPU Pleno tanggal 16 Oktober, tentu ada pergerakan pemilih, baik itu yang meninggal dunia, pindah ke luar Kabupaten Belitung Timur, maupun ada pemilih baru, dan sebagainya,” jelas Rizky.

Dari sebanyak 89.790 pemilih diketahui terdiri dari pemilih laki-laki sebanyak 45.918 dan pemilih perempuan sebanyak 43.872

Dalam rapat Pleno itu, sebelum ditetapkan Anggota Bawaslu Belitung Timur, Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, Ihsan Jaya menyampaikan bawaslu telah memberikan arahan, ditemukan ada satu keluarga yang ternyata di DPS dan DPSHP nama satu keluarga tersebut tidak ada.

"Ada tiga mata pilih nama dalam satu keluarga. Kami berharap agar ditindak lanjuti ke tiga orang ini bisa dapat memilih,"  kata Ihsan.

Berkenaan hal itu, Rizky menyampaikan tiga nama tidak masuk dalam DPS, Sudah dimasukan setelah pleno di PPK Dendang.

"Bukan tidak terdaftar hanya berada di TPS Lilangan dan beliau melapor ke TPS Balok setelah DPSHP tingkat kecamatan Dendang, untuk sekarang mereka sudah masuk," jelas Rizky.

Sementara itu turut hadir, Staf ahli SDM dan Kemasyarakatan, Belitung Timur, Hartoyo menyampaikan sambutan Bupati Belitung Timur, memyampaikanadanya rapat pleno rekapitulasi DPSHP kemudian ditetapkan sebagai DPT ini merupakan dasar jumlah pemilih Bupati dan Wakil Bupati Belitung Timur, pada Desember mendatang.

"Penyusunan DPT ini harus tetap terjaga karena dapat menjamin hak pilih bagi setiap warga yang sudah berhak menyampaikan hak pilih serta mencoret warga yang sudah tidak memiliki hak pilih," ujarnya

Dia menyampaikan agar warga turut mencermati dan melaporkan apabila ada perubahan data pemilih. Demikian halnya kepada tim kampanye serta kedua pasangan calon (paslon) yang akan maju dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Belitung Timur Tahun 2020.

"Saya mengimbau di situasi pandemi COVID-19 di Belitung Timur yang belum kondusif ini, bagi petugas yang dilapangan agar dapat menjaga diri dan kondisi dalam melaksanakan tugas, kami harap rekan-rekan dapat menjadi pelopor dalam menerapkan protokol kesehatan. Kepada semua penyelenggara Pemilu bisa bersinergi dengan baik agar pelaksanaan pemilu berjalan aman dan lancar," imbau Hartoyo. ( Posbelitung.co / Suharli )

Penulis: Suharli
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved