Breaking News:

Berita Belitung

Antisipasi Penyakit Hewan dan Tanaman di Musim Hujan , Peternak dan Petani Diminta Waspada

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Belitung meminta kepada peternak dan petani untuk waspada terhadap curah hujan yang mulai tinggi.

(Pos Belitung/Yuranda)
Ardi petani lada yang sedang memetik lada, di kebun miliknya, Sabtu (15/06/2019) 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG -- Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Belitung meminta kepada peternak dan petani untuk waspada terhadap curah hujan yang mulai tinggi.

Antisipasi tersebut sangat diperlukan untuk mewaspadai penyakit busuk pangkal batang, terutama terhadap tanaman lada.

Menurutnya apabila tidak dilakukan antisipasi oleh petani, bisa menyebabkan tanaman lada tersebut mati dan gagal panen.

Penyakit busuk pangkal batang ini, muncul dari jamur phytophthora capsici, akibat tergenangnya air di sekitar tanaman lada.

"Itu sangat rawan sekali, dan banyak terjadi saat musim hujan, dan ini menjadi momok dan paling di takuti petani lada. Nah kalau jamur itu sudah tumbuh, maka sangat susah, paling pencegahannya bisa dibuatkan saluran parit untuk mengaliri air, agar tidak tergenang dan pemberian fungisida atau trichoderma sehingga mencegah tumbuhnya jamur," jelas Kepala Bidang Perkebunan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Belitung Hamzah kepada Pos Belitung, sabtu (17/10).

Penyakit busuk pangkal batang ini bisa menyebar ke tanaman lada lain, sehingga bisa mengalami kejadian serupa kepada tanaman lainnya.

"Itu bisa menyebar ke tanaman lain, karena jamur ini berbentuk spora bisa lewat udara, besa lewat air ke tanaman lain maka jika diketahui ada satu tanaman lada terserang penyakit busuk pangkal palang maka sebaiknya langsung dipotong, ambil dan bakar," ucapnya.

Sedangkan untuk serangan penyakit lain, seperti thrips yang sering terjadi pada tanaman cabai, serangan bakteri hinga penyakit kuning di musim seperti sekarang ini jarang terjadi.

"Penyakit lain memany jarang namun tetap diwaspadai namun penyakit busuk pangkal batang ini memang rawan dan menjadi momok ketika musim hujan bagi tanaman lada,"  kata Hamzah.

Sementara itu, Kabid Peternakan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Belitung Suparman, untuk peternak yang harus di waspadai adalah beberapa gangguan penyakit hewan ketika memasuki peralihan musim dari panas ke penghujan. Lantaran tingkat kelembaban cuaca cukup tinggi, sehingga memudahkan berkembangnya kuman atau bakteri yang dapat menyerang hewan ternak.

Halaman
12
Penulis: Disa Aryandi
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved