Breaking News:

Berita Belitung

Cegah Banjir, BPBD Belitung Pantau Titik Rawan 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Belitung, sekarang ini mulai mengantisipasi bencana banjir di beberapa titik

Pos Belitung/Dede Suhendar
Bupati Belitung Sahani Saleh meninjau banjir yang menggenangi rumah warga di Kampung Amau, Kelurahan Parit, Kabupaten Belitung, Senin (18/12/2017). Pos Belitung/Dede Suhendar 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Belitung, sekarang ini mulai mengantisipasi bencana banjir di beberapa titik. Namun antisipasi bencana tersebut tidak harus dilakukan oleh BPBD dan bisa dilakukan oleh berbagai instansi Pemerintah maupun masyarakat.

Kepala Kantor BPBD Kabupaten Belitung Hendri mengatakan, antisipasi harus terus menerus dilakukan oleh masyarakat secara umum. Terutama dengan memulai dari diri sendiri, agar tidak membuang sampah sembarang, seperti membuang sampah ke selokan maupun drainase.

"Agar tidak menghambat air yang mengalir, dan kami sementara ini hanya memantau lokasi titik - titik rawan banjir, dan jalur evakuasi nya seperti apa, ketika terburuk nanti terjadi banjir," kata Hendri kepada Posbelitung.co, Jumat (23/10/2020).

Rancangan jalur maupu lokasi evakuasi itu, kata dia, sangat diperlukan bagi warga yang terdampak bencana. Selain itu, ketersediaan air bersih dan tempat meletakkan air bersih menjadi prioritas.

"Termasuk yang lain - lainnya, dapur umum dan segala macam, itu sudah masuk dalam perencanaan. Termasuk kami sudah ada peta rawan banjir, dan daerah itu yang terus kami pantau, dan untuk tindakan kami tetap berdasarkan pengalaman yang lalu," jelasnya.

Berikut lokasi rawan banjir di Belitung :

Kecamatan Tanjungpandan
- Kampung Amau
- Kampung Damai
- Perumahan Billitone Regency
- Kebun Jeruk

Kecamatan Membalong :
- Desa Kembiri

Kecamatan Sijuk :
- Air Selumar

(Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Fery Laskari
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved