Breaking News:

Advertorial

QRIS dan Web Pasar: Belanja Mudah dari Rumah

BANK Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Tanjungpandan meluncurkan QRIS dan Web Pasar di Pasar Ikan Tanjungpandan, Kamis (22/10).

QRIS dan Web Pasar: Belanja Mudah dari Rumah - peluncuran-qris-dan-web-pasar-oleh-bupati-belitung.jpg
Pos Belitung/Adelina Nurmalitasari
Peluncuran QRIS dan web pasar oleh Bupati Belitung H Sahani Saleh dan Pemimpin Cabang BRI Tanjungpandan Edi Yudiarta Candra Wiyana di Pasar Ikan Tanjungpandan, Kamis (22/10).
QRIS dan Web Pasar: Belanja Mudah dari Rumah - peluncuran-qris-dan-web-pasar-oleh-bupati-belitung-h-sahani.jpg
Pos Belitung/Adelina Nurmalitasari
Peluncuran QRIS dan web pasar oleh Bupati Belitung H Sahani Saleh dan Pemimpin Cabang BRI Tanjungpandan Edi Yudiarta Candra Wiyana di Pasar Ikan Tanjungpandan, Kamis (22/10).

POSBELITUNG.CO -- BANK Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Tanjungpandan meluncurkan QRIS dan Web Pasar di Pasar Ikan Tanjungpandan, Kamis (22/10).

Peluncuran itu dihadiri Bupati Belitung H Sahani Saleh, Pemimpin Cabang BRI Tanjungpandan Edi Yudiarta Candra Wiyana, Kepala Dinas KUMKM, Perdagangan, dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung Adnizar, juga nasabah BRI Tanjungpandan dan para pedagang pasar.

Menurut Pemimpin Cabang BRI Tanjungpandan, Edi Yudiarta Candra Wiyana, peluncuran itu dilakukan agar para pedagang pasar yang ada di Kabupaten Belitung dan masyarakat bisa langsung mengetahui QRIS dan web pasar ini.

“Web pasar BRI hadir bersama masyarakat Belitung saat awal pandemi, sebagai inovasi dan ide kami untuk menjembatani agar pedagang pasar dan masyarakat bisa lebih mudah dalam bertransaksi belanja tanpa harus datang langsung ke pasar,” katanya.

Di Belitung, web pasar itu tersedia di Pasar Kim Ting atau Pasar Tanjungpandan, Pasar Berehun, Pasar Hatta, dan Pasar Membalong. Konsumen atau nasabah BRI Tanjungpandan bisa bertransaksi mana pun dan kapan pun, ke pedagang pasar, mulai dari pedagang sayur, ikan, dan lainnya.

Saat ini yang sudah ada 50 pedagang pasar yang tergabung dalam website itu, sehingga pihaknya berharap ke depan semua pedagang yang ada di seluruh pasar bisa bergabung di web pasar BRI.

Kemudian, mendukung program transaksi pembayaran tanpa uang tunai, juga ada QRIS yakni produk Bank Indonesia. Melalui QRIS masyarakat Belitung datang ke pasar yang sudah ada barcode QRIS, lalu mengunduh aplikasi Link Aja, kemudian top up e-money melalui ke fasilitas aplikasi BRI mobile, BRImo atau LinkAja.

“Setelah sudah terisi, masyarakat bisa bertransaksi tanpa menggunakan uang tunai. Tinggal klik barcode, tidak usah repot menggunakan uang tunai. Khusus di pandemi ini uang tunai berisiko, sehingga ini akan menjadikan lebih mudah bertransaksi cashless juga membuat masyarakat belanja lebih praktis,” ujarnya.

Hal senada turut disampaikan Asisten Manajer Bisnis Mikro BRI Cabang Tanjungpandan Disman Syawaludin. Menurutnya, selain mempermudah nasabah berbelanja, layanan itu juga berpotensi menambah omzet nasabah di debitur BRI. Serta terus menghindari kondisi pandemi sehingga transaksi langsung.

Melalui web pasar, BRI Cabang Tanjungpandan tidak hanya menjalin kerjasama dengan para pedagang pasar, namun juga dengan ojek daring yang bertugas sebagai kurir pengantar barang ke konsumen.

“Kami siapkan tiga ojek yang motornya dilengkapi drop box menampung buat menampung barang,” ujar Disman.

Meski kini tengah fokus menggarap web pasar di Belitung, ke depan web pasar juga akan hadir bagi masyarakat Belitung Timur. Ada lima pasar di Beltim yang akan dibuatkan web-nya yaitu pasar di Manggar, Damar, Gantung, Kampit, dan Simpang Pesak.

Sementara itu, Bupati Belitung yang telah meresmikan peluncuran itu dalam sambutannya menyebut, sistem pembayaran masa depan memang tidak lagi dilakukan secara tunai. Hal itu telah terjadi diberbagai negara seperti Singapura dan China.

“Barulah kita memulai. Selain mempermudah transaksi (sistem non tunai) juga memudahkan dalam mengontrol keuangan,” ujarnya.

Ia berharap adanya sistem pembayaran non tunai dan web itu bisa digunakan masyarakat. Juga selanjutnya agar para pedagang pasar bisa ikut dalam layanan itu. (advertorial/q2)

Penulis: Iklan Bangkapos
Editor: Khamelia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved