Breaking News:

Berita Belitung

Sampah Berserakan Bikin Sedimentasi, Begini Kondisinya

Sampah plastik dan organik, berserakan di selokan draenase. Sampah itu ditemukan oleh Petugas Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Belitu

Sampah Berserakan Bikin Sedimentasi, Begini Kondisinya
istimewa
pemberishan

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- - Sampah plastik dan organik, berserakan di selokan draenase. Sampah itu ditemukan oleh Petugas Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Belitung, terutama di aliran Sungai Siburik, mulai Jalan Gegedek hingga Kelurahan Paal Satu, Tanjungpandan. 

"Itu banyak kami temukan sampah organik, seperti tumbuhan liar yang ada di drainase. Sampah plastik cukup banyak juga kami temukan, dan langsung dibersihkan oleh petugas," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Belitung Edi Usdianto (Edu) kepada Posbelitung.co, Jumat (23/10).

Selain sepanjang aliran sungai siburik, yang dibersihkan oleh petugas, yaitu di sepanjang aliran air berutak Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Kota. Lokasi - lokasi itu, harus jadi prioritas, sehingga aliran sungai tetap bersih dan air yang melewati drainase tersebut tidak terhambat.

"Tadi itu, untuk sampah plastik saja ada kami dapati sekitar tiga truk, terus lima truk nya sampah organik. Sampah - sampah itu langsung di bawa ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir) Gunung Sadai. Untuk sampah organik nya, nanti akan di kelola dan dijadikan kompos, sedangkan sampah plastik akan dipilah oleh pemulung langsung di sana," katanya.

Sementara itu Petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Belitung, saat melakukan pembersihan sampah di sepanjang drainase besar Sungai Siburik Tanjungpandan, Jumat (23/10/2020) banyak menemukan sedimentasi.

Sedimentasi itu, harus menjadi perhatian bersama, lantaran sangat berpengaruh dengan ke normalan aliran sungai, dan berdampak banjir.

"Itu tadi ada mungkin berjarak satu kilometer kami temukan sedimentasi (saat kerja bhakti), tapi sudah dibersihkan tadi dengan perangkat Kelurahan juga. Ada tadi yang paling parah kami temukan sedimentasi nya, sudah di atas permukaan air, panjang sekitar 10 meter," kata DLH Kabupaten Belitung, Edi Usdianto.(Posbelitung.co / Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Fery Laskari
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved