Breaking News:

Berita Belitung Timur

BLT Dana Desa Periode II Tahap Enam yang Terakhir Disalurkan Pada Tahun 2020

Desa Senyubuk telah selesai menyalurkan Bantuan Dana Tunai Dana Desa (BLT DD) periode 2 tahap 4,5 dan 6, kepada penerima manfaat

Posbelitung.co/Suharli
Kepala Desa Senyubuk, Annasrul Hakim 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG -- Desa Senyubuk telah selesai menyalurkan Bantuan Dana Tunai Dana Desa (BLT DD) periode 2 tahap 4,5 dan 6, kepada penerima manfaat beberapa waktu lalu.

Kepala Desa Senyubuk, Annasrul Hakim mengatakan total semua yang telah fisalurkan sejak periode 1 dan 2 senilai Rp 639.900.000,-

"Kami di desa untuk BLT DD periode 2 tahap enam semua sudah tersalurkan kemasyarakat sekitar 237 penerimat manfaat,"  kata Annas kepada Posbelitung.co, Minggu (25/10/2020)

Menurutnya,  penyaluran BLT DD periode 2 tahap enam, mungkin yang terakhir disalurkan kepada masyarakat penerima manfaat.

Annas mengatakan tidak hanya Desa Senyubuk, Desa lain di Kecamatan Kelapa Kampit juga kemungkinan tidak menyalurkan lagi pada periode ketiga mengingat kemampuan desa masing-masing.

"Kami masih banyak juga kegiatan lain, dan mengingat saat ini sudah memasuki bulan 10, semua pekerjaan baik itu fisik maupun pemberdayaan masyarakat dan juga kesehatan, setelah dipertimbangkan untuk BLT DD tahap selanjutnya (periode 3) tidak bisa lagi," jelasnya.

Annas menyebutkan  dilampiran 37 huruf d, jangka waktu besaran besaran BLT DD dipoin I, selama sembilan bulan terhitung dimulai bulan April sesuai dengan Permendes nomor 14 tahun 2020, pada poin II besaran BLT DD pertama senilai Rp 600.000 perbulan, mulai April-Juni, kemudian di poin III senilai Rp 300.000 untuk tiga bulan berikutnya Juli-sepetember.

"Pada poin IV besaran nilai BLT DD sebesar Rp 300.000 per Kepala Keluarga untuk periode ketiga pada bulan Oktober-Desember, nah pada Permendes nomor 14 tahun 2020, setiap desa yang dananya belum terpakai, bisa menyalurkan di Periode ke tiga, tapi di poin ke V BLT yang dimaksut pada poin IV dapat disalurkan bila anggaran desa masih tersedia anggaran, jadi kalau desa sudah tidak ada anggaran boleh tidak menyalurkan BLT DD," bebernya.

Sedangkan, untuk tahun berikutnya Annas menyampaikan akan melihat aturan dari pusat selanjutnya.

( Posbelitung.co / Suharli )

Penulis: Suharli
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved