Breaking News:

WIKI BELITUNG

Potensi Wisata Sijuk Belitung dari Pesona Alam Hingga Nilai Historis

Sebagai destinasi wisata, Desa Sijuk di Kecamatan Sijuk memiliki keindahan alam di beberapa titik menarik seperti hutan bakau.

Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Berpose dengan latar belakang Jeramba Sijuk 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG -- Sebagai destinasi wisata, Desa Sijuk di Kecamatan Sijuk memiliki keindahan alam di beberapa titik menarik seperti hutan bakau yang disebut Mangrove Kuale.

Juga ada bermacam tempat historikal seperti kelenteng, masjid tua, juga rumah-rumah tradisional yang bisa dikembangkan. Begitu kata Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie, Minggu (25/10/2020).

"Ini kan dekat dengan hotel, jadi harus dilengkapi dengan kuliner yang enak, pelayanan yang bagus, dan fasilitas memadai," ungkap Isyak.

Dia menilai fasilitas yang ada perlu dikembangkan seperti warung makan yang higienis, sanitasi baik, dan makanannya enak. Semua proses pengembangan pun harus memiliki keterlibatan masyarakat sekitarnya kuat.

"Juga ada tiang-tiang dermaga yang tidak terpakai lagi, itu bisa dijadikan warung makan terapung, tanpa mengganggu aktivitas lainnya," saran Isyak.

Isyak menyebut pihaknya sudah meminta perangkat desa bersurat dengan kementerian agar nantinya ketika sudah dijawab barulah konsep pengembangan wisata di desa itu dikerjakan.

Potensi lain yang bisa digarap, kata dia, yakni membangun rumah adat, menyediakan penyewaan sepeda, sehingga wisatawan bisa touring ke tempat-tempat yang historikal.

Kemudian rumah-rumah tradisional juga diharapkan bisa menampilkan atraksi yang beragam. Misalnya satu rumah mengajarkan orang menganyam tikar agar hasilnya bisa dibawa pulang.

Rumah kedua mengajarkan membuat terasi, lalu rumah lainnya menjual makan bedulang.

"Jadi 10 rumah ada 10 atraksi dan ada 10 pengalaman berbeda. Orang akan ke sini akhirnya, ini cara kita yang baru dan harus terus didorong," kata Isyak.

Halaman
1234
Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: nurhayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved