Breaking News:

Tiga Hari Gelaran Festival Jeramba Sijuk, Omzet Capai Rp 78,5 Juta

Ribuan pengunjung silih berganti mendatangi stan-stan pada Festival Jeramba Sijuk saat hari terakhir kegiatan, Minggu (26/10/2020).

Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Pengunjung saat berada di Festival Jeramba Sijuk, Minggu (25/10/2020) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Ribuan pengunjung silih berganti mendatangi stan-stan pada Festival Jeramba Sijuk saat hari terakhir kegiatan, Minggu (26/10/2020).

Tampak pula beberapa stan dipenuhi pengunjung yang antre berbelanja. Juga sebagian asyik mendengarkan hiburan dari Kelekak Akustik yang tampil membawakan lagu-lagu Belitung.

Berdasarkan data yang dirangkum Dinas KUMKM, Perdagangan, dan Tenaga Kerja (DKUMKMPTK) Kabupaten Belitung, dalam tiga hari kegiatan mulai dari 22-25 Oktober, sebanyak 4.200 pengunjung datang ke gelaran itu. Dari 23 pedagang yang berjualan pun omzetnya mencapai Rp 78,5 juta.

"Segitu lah hasilnya. Sebetulnya kami tidak menargetkan jumlah materi, kegiatan diselenggarakan agar memicu dan memacu masyarakat desa bahwa kegiatan ini bisa ditindaklanjuti dalam mendorong perekonomian masyarakat sekitar," kata Kepala DKUMKMPTK Kabupaten Belitung Adnizar, Senin (26/10/2020).

Tindak lanjut yang bisa dilakukan seperti pembukaan stan kuliner dan kerajinan secara rutin oleh warga sekitar. Terutama dalam pengembangan wisata di desa tersebut. Apalagi Desa Sijuk aksesnya dekat dengan hotel.

Ia juga mengapresiasi adanya produk-produk lokal yang ditampilkan kelompok masyarakat Desa Sijuk, seperti kreasi kue berbahan pepaya. Juga belacan atau terasi khas yang merupakan produk bikinan warga lokal.

Secara umum, festival juga berlangsung lancar serta diupayakan agar sesuai dengan protokol pencegahan Covid-19. Semisal penyediaan tempat cuci tangan berikut dengan sabun yang bisa digunakan pengunjung.

Selanjutnya buat even pada November mendatang, ia menyebut memang ada rencana beberapa gelaran acara. Namun akan disesuaikan dengan perkembangan kondusifitas kasus Covid-19 di Belitung.

(Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved