Breaking News:

Olahraga Tradisional Bisa Jadi Potensi Menarik Wisatawan

Banyaknya daerah lain dengan permainan sama bisa menjadi peluang adanya pertandingan lintas kabupaten dengan mengundang delegasi dari berbagai daerah.

Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Dua tim persiapan sebelum mengikuti pertandingan kasti putri di Pantai Wisata Tanjungpendam, Selasa (27/10/2020). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Olahraga tradisional seperti pertandingan kasti bisa dikembangkan dan dipermanenkan sehingga menarik. Banyaknya daerah lain dengan permainan sama bisa menjadi peluang adanya pertandingan lintas kabupaten dengan mengundang delegasi dari berbagai daerah.

"Mainnya di tepi pantai gini menarik jualan alam sekaligus jualan olahraga tradisional. Kehebohannya terasa, apalagi Sabtu-Minggu penontonnya banyak akan lebih heboh, ini menurut saya potensial untuk menjual Belitung dari sisi yang berbeda," kata Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie setelah membuka pertandingan kasti putri di Pantai Wisata Tanjungpendam, Selasa (27/10/2020).

Ia mengatakan, wisatawan biasanya datang berkelompok, sehingga bisa dibuat pertandingan antara tim A melawan tim B. Aturan permainan bisa dibuat lebih sederhana.

Tak kalah menarik jika permainan kasti yang basisnya merupakan permainan tradisional bisa menarik bagi wisatawan global. Apalagi permainan kasti tak jauh berbeda dengan baseball, namun dengan permainan lebih sederhana.

"Makanya saya minta Pak Bagio (Kepala Dispora Kabupaten Belitung) menyiapkan lapangan yang pasti dan tetap. Beri papan di sini, bisa buat main kasti hari apa dan main voli hari apa, sehingga tahu jadwalnya. Jadi orang bisa main, kita punya tempat," kata Isyak.

"Makanya segera dipermanenkan, kalau desa rata-rata sudah punya, Ibul, pmisalnya, mereka punya tim," tuturnya. (Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved