Breaking News:

Peringati Sumpah Pemuda, MBC Gowes 411 Kilometer Keliling Pulau Belitung

Bagi Manggar Bicycle Community (MBC), gowes nekat sejauh 411 kilometer mengelilingi Pulau Belitung menjadi pilihan.

Ist.MBC
Empat goweser saat melakukan aksinya membelah jalanan Pulau Belitung, Rabu (28/10/2020) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - Mewujudkan semangat sumpah pemuda bisa lewat apa saja, ada yang upacara, bakti sosial, atau sekadar upload foto di media sosial. Bagi Manggar Bicycle Community (MBC), gowes nekat sejauh 411 kilometer mengelilingi Pulau Belitung menjadi pilihan.

Kepada posbelitung.co, Kamis (29/10/2020), Ketua MBC Ery Mulyadi menyampaikan gowes ini mereka tempuh tepat pada Hari Sumpah Pemuda, Rabu (28/10/2020) kemarin.

Tujuan utamanya adalah mendobrak batas fisik dan mental dengan semangat pemuda. Ia ingin para pemuda tidak membatasi diri oleh batasan yang dibuat sendiri karena jika ada tekad dan kerja keras semua pasti akan tercapai.

Peserta gowes ini sebanyak empat orang, yaitu Ery Mulyadi, Anton, Yanto, dan Bambang. Mereka start dari titik pertama yaitu di Kawasan Pasar Manggar mulai pukul 04.45 WIB. Tim ini melakukan persiapan dan membawa bekal berupa air minum, obat-obatan, makanan, dan minuman dingin.

Selama 15 jam mereka membelah Pulau Belitung dengan kayuhan sepedanya. Menurut Ery, kunci sukses mereka menempuh 411 kilometer ialah kerjasama. Dalam bersepeda, lanjut Ery, setiap goweser terutama roadbiker wajib bekerja sama.

Ketika di jalanan mereka biasanya beriringan dengan tujuan yang di depan membelah angin sehingga yang posisi di belakang hambatan anginnya jadi berkurang sehingga sepeda bisa lebih laju.

"Selama gowes kendala yang dihadapi adalah cuaca yang panas dan kondisi fisik. Sempat hampir mengalami keram. Tapi untungnya tidak apa-apa," kata Ery.

Ery mengaku tidak ada makna khusus kenapa harus mengayuh sejauh 411 kilometer. Menurutnya angka itu merupakan jarak maksimal yang bisa ditempuh memakai sepeda.

Dalam aksinya ini, Ery dan kawan-kawan berhenti di tujuh pos. Mereka beristirahat dan mengisi tenaga dengan makanan yang sudah disiapkan. Tujuh pos tersebut yaitu Pantai Punai, Wangi Hijau, Mentigi (ishoma), Pulau Bayan, Tanjungpandan, Sungai Padang, dan Kelapa Kampit. Lalu mereka sampai kembali di titik start pada pukul 00.15 hari Kamis.

Ia berpesan pada pemuda-pemuda di Belitung agar punya semangat tinggi dalam meraih cita-cita dan harus punya mental tangguh serta tak mudah putus asa.

"Sesuai dengan slogan sumpah pemuda 2020 'Bangkit Bersama' diharapkan pemuda saling bahu membahu dalam membangun bangsa," pesan Ery. (Posbelitung.co/ BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: Khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved