Breaking News:

Seluruh OPD di Belitung Timur Sedang Mengejar SIPD

Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) saat ini sedang menjadi isu hangat nasional, pasalnya seluruh kabupaten Kota se -Indonesia wajib mengunakan

Penulis: Suharli | Editor: Khamelia
posbelitung/suharli
Plt Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Belitung Timur, Haryanto bersama bidang penganggaran saat menyusun SIPD Jumat, (30/10/2020) 

POSBELITUNG.CO - Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) saat ini sedang menjadi isu hangat nasional, pasalnya seluruh kabupaten Kota se -Indonesia wajib mengunakan SIPD pada APBD Tahun Anggaran 2021.

Pantauan Posbelitung.co, di kabupaten Belitung Timur seluruh organisasi perangkat Daerah (OPD) tengah disibukan dengan penyusunan SIPD, bahkan di hari libur karena mengejar batas waktu mereka masih harus bekerja hamoir 24 jam.

Saat ditemui Posbelitung, Plt Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Belitung Timur, Haryanto menyampaikan hal itu sesuai Permendagri 90 tahun 2019 dan nomor 70 tahun 2019.

"Kalau nomor 90 berkenaan dengan nomenklatur spesifikasi sub kegiatan berubah yang semula diatur di permendagri 13 tahun 2016. Kemudian nomor 70 terkait dengan Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD). Dan pada tahun anggaran 2021 menggunakan SIPD," ujar Haryanto kepada posbelitung, Jumat (30/10/2020).

"Jadi seluruh tahapan perencanaan sampai dihasilkan dokumen perencanaan, dengan proses penyusunan anggaran, setelah dokumen dihasilkan dalam bentuk RKPD kemudian menjadi KUAPPAS kemudian menjadi RKA dan DPA seterusnya itu sudah mengunakan sistem SIPD," imbuhnya.

Kedepannya setelah proses penganggaran selesai, untuk penataan keuangan sudah mengunakan SIPD.

Saat ini Pemeritah Kabupaten belitung Timur dalam proses perencanaan penggaran, menurutnya semua OPD hingga hati ini sedang dalam proses itu.

Di Belitung Timur sendiri ada 45 pengguna Amggaran (PA) dan Kuasa penguna Anggaran (KPA) seperti misalnya kalau di setda ada tiga konsep pengguna anggaran, ada tiga KPA yang dipegang oleh tiga asisten.

SIPD merupakan program baru diseluruh Indonesia dengan tujuan satu data Besar dari Kementrian Dalam Negeri, guna menghasilkan data yang berkualitas terintegrasi secara nasional.

Di Belitung Timur progres secara sistem cukup baik hanya saja karena sistem batu butuh penyesuaian, mengingat ini juga masa transisi.

Halaman
12
Tags
SIPD
OPD
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved