Breaking News:

Sandiaga Lihat Langsung Aktivitas Nelayan di Desa Tanjung Binga: Kita Akan Membawa Beberapa Investor

Sandiaga Uno mengunjungi warga kampung nelayan Desa Tanjung Binga, Sabtu (31/10/2020).

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Khamelia
Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Sandiaga Uno saat berada di Kampung Nelayan Desa Tanjung Binga, Kecamatan Sijuk, Sabtu (31/10/2020). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Sandiaga Uno mengunjungi warga kampung nelayan Desa Tanjung Binga, Sabtu (31/10/2020). Terkait beroperasi kapal-kapal besar yang sempat mengkhawatirkan nelayan-nelayan tradisional beberapa waktu lalu. Ia menyebut bahwa dirinya akan langsung upayakan gerak cepat, langkah konkret berhubungan dengan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo.

"Kebetulan kawan dekat saya, sahabat saya, untuk mengatur satu sistem yang lebih berkeadilan. Nelayan ini minim akses peralatan, alat-alat tangkap, dan minim akses alat-alat produksi, minim modal. Kalau disuruh bersaing dengan kapal-kapal besar, ya pasti mereka tidak akan mampu. Jadi harus ada sistem yang lebih berkeadilan, itu yang akan kita upayakan dan kita akan bergerak cepat," katanya.

Melihat langsung aktivitas nelayan di desa itu, politikus sekaligus pengusaha tersebut optimistis bahwa meski di tengah pandemi dan melambat ekonomi, masyarakat masih terus bekerja keras, bersemangat, dan berdedikasi. Ia juga menampung masukan dari para nelayan yang menyebut mereka membutuhkan pabrik pengolahan, cold storage, dan juga bantuan biaya operasional seperti pengiriman hasil tangkapan.

Termasuk cara pengolahan ikan, sehingga hasil tangkapan nelayan tak hanya dijadikan ikan asin, namun bisa diolah agar memiliki nilai jual yang lebih tinggi.

"Saya akan hadir mendorong langkah konkret ini, karena kita butuh lapangan kerja seluas-luasnya, sebanyak-banyaknya untuk anak mudah khususnya di Tanjung Binga, sehingga mereka tidak meninggalkan usaha kelautan dan perikanan," ujar Sandiaga.

"Dan kita harus cepat merealisasikan segala bentuk kolaborasi, baik bantuan pemerintah maupun juga kolaborasi dengan dunia usaha, butuh investor datang ke sini," imbuh dia.

Baginya, potensi hasil laut di desa tersebut sangat luas biasa. Makanya beberapa produk juga akan langsung dipasarkan ke Jakarta. Dengan demikian, diharapkan bisa membuka lapangan kerja seluas-luasnya.

Potensinya luar biasa, saya semangat, sangat optimis, saya lihat beberapa produk ingin langsung ke pasar Jakarta melalui Nur Corner melalui Ibu Nur Asia, karena kita juga melihat usaha mikro ini bisa membuka lapangan kerja seluas-luasnya.

"Saya ikut juga beberapa kegiatan pariwisata di sini, tapi akan perluas jangkauan untuk membina sisi kelautan dan perikanan. Jadi kita akan membawa beberapa investor termasuk saya sendiri akan menjajaki," tuturnya.

Potensial Sport Tourism
Pada kunjungannya ke Belitung ini, Sandiaga Uno menjajal olahraga. Dari Hotel Sheraton Tanjung Binga, ia berenang ke Pulau Pegadoran yang jarak tempuhnya sekitar dua kilometer. Dilanjutkan berlari memutari kawasan Belitung Maritime Eco Tourism Development sekitar 5-6 kilometer. Lalu bersepeda hampir 40 kilometer.

"Ini adalah tempat yang sangat potensi untuk triathlon, untuk maraton, untuk sepeda, open water swimming, dan panjat tebing karena banyak baru-baru juga. Jadi sangat cocok untuk sport tourism," katanya.

Sandiaga juga mengajar pegiat sport tourism yang berencana menggagas event 2021 mendatang. Bahkan, kata dia, bukan hanya event triathlon saja seperti yang sempat diikutinya, tapi juga ada sepeda jarak jauh dan open water swimming.

"Tour de Belitung harus hadir, itu luar biasa, karena jalan juga bagus kondisinya, masyarakat ramah, sangat menerima kalau datang selalu menyapa, itu merupakan modal yang luar biasa," ucap dia.

(Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved