Breaking News:

Begini Kronologi Penyelundupan Pasir dan Balok Timah yang Berhasil Digagalkan Polda Bangka Belitung

Tim Hiu Macan Direktorat Polairud Polda Kepulauan Bangka Belitung menggagalkan usaha penyelundupan timah dalam bentuk pasir. Berikut kronologinya.

Bangkapos.com/Deddy Marjaya
Jumpa pers pengungkapan penyelundupan pasir timah oleh Dit Polairud Polda Kepulauan Bangka Belitung Senin (2/11/2020). 

POSBELITUNG.CO, BANGKA -- Tim Hiu Macan Direktorat Polairud Polda Kepulauan Bangka Belitung menggagalkan usaha penyelundupan timah dalam bentuk pasir di Kawasan Perairan Terentang Kecamatan Koba Kabupaten Bangka Tengah, Senin (2/11/2020).

Direktur Polairud Polda Babel, Kombes Pol M Zainul mengatakan timah dari Bangka Belitung dibawa keluar secara ilegal dalam bentuk pasir maupun balok timah rumahan.

Untuk pasir timah yang diselundupkan melalui jalur laut, lanjut Zainul, memang sudah cukup lama tidak terdengar karena diperketat pengamanan oleh aparat.

Biasanya pasir timah dibawa keluar negeri menggunakan kapal nelayan dengan jalur Perairan Bangka Belitung-Kepulauan Riau menuju Singapura atau Malaysia.

Sedangkan untuk balok timah hasil rumahan biasanya menggunakan jalur kapal feri resmi.

Di mana modusnya balok timah dibawa dalam muatan barang bekas dibawa menggunakan truk menyeberang tujuan Jakarta.

"Untuk pasir timah setelah lama tidak terdengar kembali berhasil kita ungkapan dinihari tadi sedangkan untuk balok timah rumahan yang berhasil kita gagalkan saat hendak berangkat menyeberang ke Jakarta pakai terus membawa rongsokan pada akhir Sepetember 2020 kemarin," kata Kombes Pol M Zainul.

KM Intan 12 yang diamankan oleh Dit Polairud Polda Kepulauan Bangka Belitung hendak menyelundupkan pasir timah Senin (2/11/2020).
KM Intan 12 yang diamankan oleh Dit Polairud Polda Kepulauan Bangka Belitung hendak menyelundupkan pasir timah Senin (2/11/2020). (Ist/Polairud Polda Babel)

Kejar Kapal Hantu Malah Berhasil Gagalkan Penyelundupan Timah

Walaupun telah mendapatkan info tentang adanya pengiriman pasir timah ilegal keluar Bangka, namun pengungkapan kasus penyelundupan pasir timah ilegal oleh Dit Polairud Polda Kepulauan Bangka Belitung Senin (2/11/2020) dilakukan tak sengaja.

Hal ini diungkapkan oleh Dir Polairud Kombes Pol M Zainul.

Halaman
1234
Editor: M Ismunadi
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved