Breaking News:

Advertorial

PT PJB UBJOM Luar Jawa 2 - PLTU Belitung Peduli Lingkungan dan Masyarakat Sekitar

PT PJB UBJOM Luar Jawa 2 - PLTU Suge Belitung sebagai satu-satunya PLTU yang beroperasi dan menyediakan 70 persen kebutuhan listrik di Pulau Belitung,

PT PJB UBJOM Luar Jawa 2 - PLTU Belitung Peduli Lingkungan dan Masyarakat Sekitar - foto-bersama-perwakilan-peserta-pelatihan-daur-ulang-sampah.jpg
DOK. PLTU Suge Belitung
FOTO BERSAMA - Perwakilan peserta pelatihan daur ulang sampah kertas foto bersama narasumber seusai kegiatan di Balai Desa Pegantungan, Kecamatan Badau, Belitung.
PT PJB UBJOM Luar Jawa 2 - PLTU Belitung Peduli Lingkungan dan Masyarakat Sekitar - pt-pjb-ubjom-luar-jawa-2-pltu-belitung-peduli-lingkungan-dan-masyarakat-sekitar.jpg
ist
PT PJB UBJOM Luar Jawa 2 - PLTU Belitung Peduli Lingkungan dan Masyarakat Sekitar

POSBELITUNG.CO , BELITUNG -- PT PJB UBJOM Luar Jawa 2 - PLTU Suge Belitung sebagai satu-satunya PLTU yang beroperasi dan menyediakan 70 persen kebutuhan listrik di Pulau Belitung, berada di Dusun Suge, Desa Pegantungan, Kecamatan Badau tidak hanya menjaga keandalan pasokan energi listrik melainkan juga menjaga hubungan yang harmonis dengan para stakeholder salah satunya dengan masyarakat sekitar.

Salah satu bentuk tanggung jawab sosial bagi masyarakat sekitar adalah dengan mengadakan program pengembangan masyarakat yang berkelanjutan (sustainable community development program) berupa pelatihan daur ulang sampah kertas sebaga upaya pembelajaran bagi masyarakat Desa Pegantungan dalam mengelola sampah berbasis masyarakat.

Program CSR pada Tahun 2020 ini mengusung bertema “Yuk Kite Same same Olah Sampah Menjadi Berkah” diselenggarakan di Balai Desa Pegantungan, Sabtu (31/10). Kegiatan ini diisi dengan pembagian beasiswa Pendidikan senilai total Rp 4 juta kepada 14 siswa dari SDN 16 dan SDN 17 Badau serta adik-adik dari TK Negeri Pegantungan yang terpilih menjadi pemenang lomba mewarnai tingkat TK dan SD di Desa Pegantungan.

Kemudian dilanjutkan pemaparan presentasi berjudul “Strategi Mengembangkan Usaha UMKM” oleh Fita Elyana dari Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung serta dilanjutkan acara inti pemaparan presentasi “Pengolahan Sampah Berbasis Masyarakat” dikhususkan pada daur ulang dan kerajinan dari sampah kertas.

Sekitar 50 orang telah mengikuti acara tersebut dengan sangat antusias. Protokol kesehatan tetap diberlakukan selama acara tersebut berlangsung.

“Program CSR ini bertujuan memberikan awareness terkait pengelolaan daur ulang sampah menjadi suatu produk yang meiliki nilai tambah bagi masyarakat serta wujud kepedulian PLTU terhadap pendidikan siswa TK dan Sekolah Dasar di desa pegantungan berupa pemberian beasiswa,” kata Manajer Administrasi PT PJB UBJOM Luar Jawa 2 Mei Nurahmawati via virtual (daring).

Supervisor Kimia dan Lingkungan yang mewakili manajemen PLTU Suge Belitung menambahkan, adanya pelatihan ini diharapkan masyarakat Desa Pegantungan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengolah sampah, khusunya kertas menjadi barang-barang kerajinan bernilai ekonomis sehingga menstimulasi tumbuhnya komunitas atau UKM yang kreatif, produktif dan mandiri.

Kepala Desa Pegantungan Ahit mengucapkan terima kasih kepada pihak PLTU yang selalu men-support warga desa dalam hal memberikan pelatihan pelatihan yang bermanfaat sehingga menjadi berkembang keterampilannya.

“Kami akui keberadaan PLTU sangat berdampak positif bagi pertumbuhan dan perkembangan desa kami,” katanya.

Acara juga dihadiri perwakilan Kecamatan Badau, jajaran manajemen dan panitia dari PLTU Suge Belitung, kepala dusun, anggota pengelola BUMDES, Babinsa, orang tua siswa TK Pegantungan, SDN 16 dan SDN 17 Badau, serta para pemuda karang taruna. (*/advertorial)

Editor: nurhayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved