Breaking News:

Berita Belitung

10.719 Kendaraan di Belitung Timur Terdata Menunggak Pajak

Sebanyak 10.719 dari sekitar 102 ribu kendaaraan menunggak membayar pajak kendaraan bermotor di Belitung Timur

Posbelitung.co/Suharli
Kepala UPT Bakuda provinsi Bangka Belitung wilayah Kabupaten Belitung Timur, Erwinsyah saat berada di tempat pelayanan Samsat Belitung Timur. Selasa (3/11/2020) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - Sebanyak 10.719 dari sekitar 102 ribu kendaaraan menunggak membayar pajak kendaraan bermotor di Belitung Timur hingga Oktober 2020.

Kepala UPT Bakuda provinsi Bangka Belitung wilayah Kabupaten Belitung Timur, Erwinsyah mengatakan 10.719 merupakan nilai akumulasi kendaran roda dua dan roda empat.

Dari angka tersebut dia menyampaikan belum mengetahui secara rinci apakah kendaraan tersebut masih ada atau sudah tidak digunakan lagi. Namun berdasar data kendaraan-kendaraan tersebut masih terdata di Samsat Belitung Timur.

Guna mencapai target yang sudah ditetapkan, Erwinsyah menyampaikan ada program pemutihan kendaran mulai 1 November 2020 sampai 31 Januari 2021.

"Sejak diberlakukan pemutihan pajak hingga tanggal 2 November kamarin sudah ada sekitar 300 berkas yang diterima, itu total (berkas) ada yang menunggak ada juga yang taat bayar pajak," ujar Erwinsyah.

Guna mengejar capaian target, UPT Bakuda provinsi Bangka Belitung wilayah Kabupaten Belitung Timur sudah lama memiliki program jemput bola yang dinamai Samsat Keliling dan Samsat Setempoh.

"Jadi keliling di tujuh kecamatan Se-Beltim sesuai dengan jadwal yang sudah disebar dari satu bulan sebelumnya," ujarnya.

Dia menyebutkan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung meminta agar lebih diintensifkan, program pemutihan diharapkan lebih banyak lagi masyarakat membayar pajak untuk pencapaian target guna pembangunan Kabupaten Belitung Timur.

Di Samsat Belitung Timur, guna antisipasi penyebaran virus covid-19, diterapkan protokol kesehatan, wajib pajak disediakan tempat cuci tangan, handsanitizer, serta menjaga jarak dan juga diwajibkan mengenakan masker.

"Kami juga hanya melayani satu pintu untuk pelayanan," ujarnya.

Jam ramai pembayar pajak mendatangi Kantor samsat pada pagi hari, dari waktu pelayanan mulai dari pukul 08.00- 13.30 WIB, guna antisipasi membludaknya pembayar pajak Samsat Beltim juga berencana membuka layanan Samsat keliling dan Setempoh, di belakang Kantor Samsat.

Di antara wajib pajak, Yusnan (35) tahun, warga Desa Tanjung Kelumpang saat mengurus berkas balik nama kendaraan mengaku dengan adanya pemutihan merasa terbantu sekali.

"Alhamdullilah, bagi kami sangat membantu sekali baik bagi kami sendiri maupun hasil dari pajak pemerintah daerah nantinya," ujar Yusnan.

Dia mengaku proses pelayanan di Samsat Belitung lebih mudah dari sebelumnya.

(Posbelitung.co/Suharli)

Penulis: Suharli
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved