Breaking News:

Berita Belitung Timur

Bawaslu Belitung Timur Lakukan Evaluasi Satu Bulan Tahapan Kampanye

Bawaslu Belitung Timur rapat dengar dalam kantor evaluasi pengawasan kampanye pemilihan Bupati dan wakil Bupati Belitung Timur

Penulis: Suharli | Editor: Ardhina Trisila Sakti
Posbelitung.co/Suharli
Rapat dengar dalam kantor (RDK) evaluasi pengawasan kampanye pemilihan Bupati dan wakil Bupati Belitung Timur, bertempat di ruang sidang Bawaslu Belitung Timur, Selasa (3/11/2020). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - Bawaslu Belitung Timur rapat dengar dalam kantor (RDK) evaluasi pengawasan kampanye pemilihan Bupati dan wakil Bupati Belitung Timur, bertempat di ruang sidang Bawaslu Belitung Timur, Selasa (3/11/2020) sore.

Anggota Bawaslu Belitung Timur, Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, Ihsan Jaya mengatakan evaluasi ini mengacu masa kampanye sudah berjalan satu bulan lebih.

Dalam evaluasi kali ini Bawaslu Beltim mengundang beberapa pihak di antaranya dari partai politik Kemudian dari pasangan perwakilan calon, kepolisian dan satpol PP Beltim.

"Ada beberapa hal yang kita sampaikan bahwa selama pelaksanaan 1 bulan ini baik terkait dengan protokol kesehatan, maupun jadwal kampanye yang seringkali terjadi perubahan," ujar Ihsan kepasa posbelitung.co, Selasa (3/11/2020).

Dalam hal tersebut juga disampaikan berkenaan dengan Alat Peraga Kampanye (APK) yang dipasang oleh tim atau paslon yang tidak sesuai dengan zona pemasangan APK.

Karena menurutnya zona pemasangan APK hanya boleh di dua tempat, di Sekretariat Parpol dari tingkat kabupaten sampai desa dan zonasi pemasangan APK yang ditetapkan melalalui keputusan KPU Beltim.

"Alat peraga kampanye yang terpasang total 255 se-Beltim. Dugaan pelanggaran APK, total 29. pelanggaran ini bisa jadi ada yang berada di luar zona APK peraga kampanye," ujarnya.

Berkenanan dengan pelanggaran APK, Bawaslu Beltim akan menginstruksikan jajaran tingkat kecamatan untuk melakukan imbauan dan penertiban sebagaimana yang tertuang dalam perundang-undangan.

Sedangkan jumlah kampanye yang sudah dilakukan dari Pasangan calon (Paslon) 1 sudah 90 kali kampanye. Sedangkan untuk paslon 2 sudah kampanye 103 kali, dengan bermacam-macam metode kampanye.

"Upaya yang sudah dilakukan Bawaslu yang telah dilakukan dalam rangka meminimalisir terjadinya pelanggaran dalam tahapan kampanye. Seperti pemasangan ex banner disetiap dinas, spanduk baliho di 39 desa, kemudian sosialisasi disemua desa se kabupaten Belitung Timur," bebernya.

(Posbelitung.co/Suharli)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved