Breaking News:

Berita Belitung Timur

Pakai Aplikasi Zero3C, Masyarakat Bisa Lapor Pencurian Tanpa ke Kantor Polisi

Kasat Reskrim Polres Beltim AKP Ghalih Widyo Nugroho mengatakan saat ini aplikasi tersebut sudah bisa digunakan oleh masyarakat

Posbelitung.co/Bryan Bimantoro
Kasat Reskrim Polres Beltim AKP Ghalih Widyo Nugroho saat menunjukkan interface aplikasi Zero3C, Selasa (3/11/2020). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - Kemajuan teknologi sangat memudahkan kehidupan manusia, termasuk dalam pemberantasan tindak pidana pencurian. Reskrim Kepolisian Daerah Kepulauan Bangka Belitung baru saja menciptakan aplikasi bernama Zero3C (zero curat, curas, curanmor).

Aplikasi ini memudahkan masyarakat untuk melaporkan tindak pidana pencurian tanpa harus datang ke kantor polisi.

Ditemui posbelitung.co Selasa (3/11/2020) di kantornya, Kasat Reskrim Polres Beltim AKP Ghalih Widyo Nugroho mengatakan saat ini aplikasi tersebut sudah bisa digunakan oleh masyarakat.

"Ini aplikasi sangat baru jadi masih dalam sosialisasi kepada masyarakat. Juga dalam prosesnya nanti akan ada evaluasi supaya aplikasinya berjalan lancar dan mengakomodir seluruh kebutuhan masyarakat," kata AKP Ghalih.

Menurutnya tindak pidana pencurian yang bisa dilaporkan seperti curat, curas, dan curanmor. Di aplikasi tersebut juga terdapat database pelaku pencurian sehingga bisa diketahui ia merupakan residivis atau bukan.

Dalam aplikasi tersebut juga ada keterangan bahwa laporan sudah diproses atau belum sehingga masyarakat bisa tahu jalannya laporan.

Ghalih mengatakan aplikasi ini juga bertujuan sebagai ajakan kepada masyarakat agar aktif melaporkan tindak kejahatan khususnya pencurian. Ia mengaku tidak bisa bekerja sendiri tanpa ada sinergisitas dari masyarakat luas.

"Tapi kami mohon juga aplikasi ini tidak jadi bahan untuk iseng. Karena kami bisa melacak siapa yang mengirim laporan palsu," ujarnya.

Ia berharap dengan adanya aplikasi ini bisa membuat Belitung Timur makin aman karena ruang gerak para pencuri semakin sempit.

(Posbelitung.co/Bryan Bimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved