Breaking News:

Berita Belitung

Penyaluran Dana Desa di Bangka Belitung Menyisakan Satu Desa

Penyaluran Dana Desa di wilayah Provinsi Babel masih menyisakan satu desa lagi untuk mencapai angka 100 persen di 2020

IST/ dok DJPb Babel
Kepala Kanwil DJPb Bangka Belitung Fahma Sari Fatma menerima plakat dari BPKP Perwakilan Wilayah Babel, Selasa (3/11/2020). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Penyaluran Dana Desa di wilayah Provinsi Babel masih menyisakan satu desa lagi untuk mencapai angka 100 persen di 2020.

Desa tersebut terdapat di wilayah Bangka Tengah dan pemda setempat diharapkan dapat berkoordinasi agar penyaluran Dana Desa tahap III dapat segera dilakukan.

"Saat ini Babel menempati peringkat tiga secara nasional dalam penyaluran Dana Desa setelah Yogyakarta dan Bali," kata Kepala Kanwil DJPb Bangka Belitung Fahma Sari Fatma dalam acara yang diselenggarakan oleh BPKP Perwakilan Bangka Belitung di Hotel BW Suite Tanjungpandan bertajuk Workshop Monitoring dan Evaluasi Penyaluran Dana Desa di Kabupaten Belitung (3/11/2020).

Ia menjelaskan relaksasi penyaluran berupa penyederhanaan dokumen persyaratan dilakukan dengan tujuan agar Dana Desa dapat segera salur sehingga mampu membantu masyarakat Desa dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang sedang melanda Indonesia.

Seiring dengan belum meredanya wabah itu pula, Pemerintah kembali mengeluarkan kebijakan penggunaan dana desa.

“Penggunaan Dana Desa sesuai PMK 156/PMK.07/2020 pada prinsipnya tetap diprioritaskan untuk BLT Desa, semula 6 bulan diperpanjang menjadi 9 bulan sesuai dengan ketersediaan anggaran Dana Desa per bulannya. Apabila masih terdapat sisa dapat digunakan untuk program stimulus di Desa antara lain Padat Karya Tunai dan peningkatan pemberdayaan BUMDes dengan berpedoman pada prioritas yang ditetapkan Menteri PDT," kata Fahma.

Ia mengingatkan disisi lain juga diperlukan persiapan yang harus dilakukan guna mempercepat penyaluran Dana Desa 2021.

Di antaranya Peraturan Bupati tentang penetapan rincian Dana Desa setiap Desa dan Perdes mengenai APBDes.

Menurutnya Kanwil DJPb Babel memberikan apresiasi kepada Pemkab Belitung yang berhasil menyalurkan Dana Desa 2020 mulai awal bulan Februari untuk lima desa.

Penyaluran tersebut dianggap yang tercepat di wilayah Babel untuk tahun 2020.

“Untuk penyaluran tahun 2021 semoga dapat ditingkatkan baik jumlah Desa maupun waktunya, untuk Belitung sendiri dan Pemda lain di Babel," katanya.

Fahma menambahkan pada tahun 2021, Provinsi Kepulauan Babel mendapat alokasi Dana Desa sebesar 334,53 miliar untuk 309 desa, meningkat 5,07 persen dari tahun lalu.

Oleh sebab itu, dirinya berharap agar pemerintah desa mempersiapkan diri dengan mulai menyusun perencanaan kegiatan merujuk pada Permendes PTT Nomor 13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021 sehingga dari waktu ke waktu, penggunaan dana desa semakin berkualitas dan mampu menyejahterakan masyarakat desa.

(posbelitung.co/Dede Suhendar)

Penulis: Dede Suhendar
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved