Berita Belitung Timur

RKPD Beltim Fokus Pemulihan Ekonomi dan Menghidupkan Perekonomian Lokal Pada 2021

Rencana Strategis (Renstra) perangkat daerah dengan RPJMD sudah tersinkron dalam sistem perencanaan daerah e-planing

Penulis: Suharli | Editor: Ardhina Trisila Sakti
Posbelitung.co/Suharli
Kepala Bappelitbangda Kabupaten Beltim, Bayu Priyambodo. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Rencana Strategis (Renstra) perangkat daerah dengan RPJMD sudah tersinkron dalam sistem perencanaan daerah e-planing, yang terintregrasi dengan SIPD
Hal itu disampaikan Kepala Bappelitbangda Kabupaten Beltim, Bayu Priyambodo.

Dia menjelaskan tahun 2021 merupakan tahun terakhir RPJMD masa kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Beltim periode 2016-2021.

"Kami beruntung di 4 Kabupaten pemekaran (Bangka Belitung) hanya kita (Beltim) yang menyusun perubahan RPJMD," ujar Bayu saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (3/11/2020).

Bayu menjelaskan ada penyesuaian-penyesuaian indikator yang sesuai arahan BPK, sekaligus merencanakan sampai dengan akhir periode kepemimpinan kepala daerah.

Menurutnya di 2016 sampai 2019 sistem perencanaan sudah dirapikan, tahun 2020 hingga 2021, adalah tahun perencanaan dari RPJMD perubahan.

"Berdasarkan monev capaian program kegiatan. Program capaian istilahnya masih rapor merah akan digenjot agar sesuai target RPJMD. Yang sudah bagus dipertahankan, kalau capaian berstatus "kuning" yang masih diintervensi agar target terpenuhi," ujarnya.

Dia mengakui pada tahun 2020 memang ada kendala sehingga capaiannya meleset dari direncanakan akibat pandemi covid-19.

"Kami berharap 2021 pandemi segera berakhir. Soal fokus arah RKPD di tahun 2021, telah diselaraskan dengan PPAS dan nota keuangan seperti arahan pemerintah pusat,diantaranya pemulihan ekonomi dan menghidupkan perekonomian lokal," ujarnya.

Meskipun demikian menurutnya infrastruktur dasar yang mendukung sektor ekonomi, seperti pembangunan jalan mungkin agak di rem, lebih ke pemeliharan yang sudah ada.

"Kami juga mengkoordinir Pemerintah Desa agar selaras dengan kebijakan daerah. Yaitu sinkronisasi RKPD dan RKPDes serta APBDes dan APBD," ujarnya.

Selain itu dia menambahkan Pemerintah daerah tetap memperhatikan belanja tidak terduga untuk penanganan covid-19. Agar Tetap seimbang antara penanganan covid dengan pencapaian tahun terakhir di periode RPJMD

(Bangkapos.com/Suharli)

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved