Berita Belitung

Dinas Pariwisata Belitung akan Gelar Dua Event Pariwisata

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung mengatakan pada November ini ada dua event yang telah disiapkan

posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Penari saat tampil menggunakan face shield ketika membuka acara Festival Desa Wisata di Pantai Tanjung Teluk Gembira, Membalong beberapa waktu lalu. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung Jasagung Hariyadi, Rabu (4/11/2020) mengatakan pada November ini ada dua event yang telah disiapkan dinas seperti Bazar Belitung Kreatif yang akan diadakan 7-11 November dan Festival Tanjung Kelayang pada 14-19 November mendatang.

Gelaran Bazar Belitung Kreatif II merupakan lanjutan dari acara yang sebelumnya sempat digelar pada September lalu. Kegiatan yang bersumber dari dana insentif daerah (DID) ini diadakan dalam rangka pemulihan ekonomi nasional.

"Ada 130 tenda yang disiapkan dan sudah mulai didirikan hingga nanti mendekati hari kegiatan," katanya ketika ditemui posbelitung.co di Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung, Tanjungpandan.

Sebagai persiapan acara itu, pembukaan pendaftaran bagi pedagang pun telah dibuka Selasa (3/11/2020) kemarin. Menurutnya, antusiasme masyarakat luar biasa, karena hanya tiga jam saja sudah penuh penjual yang akan berdagang di stan. Tak hanya pameran saja, kegiatan di Pantai Wisata Tanjungpendam itu juga turut menghadirkan berbagai hiburan.

Selanjutnya juga ada Festival Tanjung Kelayang yang termasuk dalam 100 calendar events Indonesia. Festival budaya dan pentas tari akan dihadirkan pada acara tersebut.

"Ada beberapa perubahan seperti fashion show dulu dipanggung sekarang di pasir. Kegiatan event ini ingin menunjukkan kegiatan pariwisata Belitung tetap jalan di era pandemi sambil mempromosikan protokol kesehatan di dunia kepariwisataan," jelas dia.

Selain acara-acara yang disiapkan oleh pihaknya, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) juga akan mengadakan tiga kegiatan di Belitung. Mulai dari 8 November nanti akan ada kegiatan BISA atau bersih, indah, sehat, dan aman. Sebelumnya sempat mengadakan kegiatan di HKm Juru Seberang, kali ini Kemenparekraf mengadakan aktivitas tersebut di Bukit Peramun.

Lalu pada 11-13 November nanti akan ada famtrip yang menjadi tur wisata diikuti 20 wartawan nasional.

"Dengan demikian diharapkan 2021 nanti Belitung tersebar dan siap bagi masyarakat. Jadi kegiatan ini sebagai promosi pariwisata," ujar Heri.

Kemudian nantinya akan ada juga wisata edukasi tematik yang melibatkan mahasiswa dan pelajar di Belitung. Termasuk pokdarwis, pelaku wisata, dan duta wisata. Sebanyak 30 peserta akan pelesir hoping island dan bahkan mengunjungi potensi wisata selatan Pulau Belitung yakni Teluk Gembira dan Pulau Selium

"Wisata tematik peserta 30 orang akan mengeksplor lokasi wisata juga akan ditraining membuat video yang baik. Bahkan mereka nanti juga akan memposting itu ke media sosial, sehingga menjadi promosi juga," sebut dia.

"Artinya sekian banyak event kalau terekspos keluar, harapannya ornag semkain mengenal Belitung dan tahu bahwa datang ke Belitung aman. Silakan berwisata ke Belitung diera pandemi Covid-19, selalu terbuka yang jelas melaksanakan protokol kesehatan," imbuhnya.

(Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved