Breaking News:

Advertorial

Forum Komunikasi Sijares Belitung Timur Terbentuk

DINAS Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Belitung Timur membentuk Forum Komunikasi Posyandu Siap Jaga Remaja Sehat (Sij

IST/Dokumentasi Dinkes PPKB Kabupaten Beltim
FORUM KOMUNIKASI SIJARES - Kegiatan pembentukan Forum Komunikasi Sijares Kabupaten Belitung Timur di ruang rapat kantor Bupati Belitung Timur, Selasa (27/10). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Belitung Timur membentuk Forum Komunikasi Posyandu Siap Jaga Remaja Sehat (Sijares) Kabupaten Belitung Timur.

Pembentukan forum ini melalui pertemuan yang digelar pada pada Selasa (27/10/2020) lalu di ruang rapat kantor Bupati Belitung Timur. Kegiatan ini diikuti 41 orang. Terdiri dari Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Kepala Bidang Penataan Kerjasama dan Administrasi Pemerintah Desa, Dinas Kesehatan, PP dan KB (Kabid KB, Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga, Kabid. Kesehatan Masyarakat, Kasi. Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat, Kasi. Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga, dan Pengelola Kesehatan Remaja), serta Kasi. Kesra/ Kasi Pelayanan Kesehatan Desa, Ketua Desa Siaga, dan kader posyandu remaja dari 11 desa.

Acara tersebut dipimpin fasilitator Staf Ahli Bupati Belitung Timur Yeni Srihartati.
Pada pertemuan tersebut juga menyepakati sejumlah kesepakatan, seperti adanya forum komunikasi Sijares di tingkat kecamatan berupa WAG, di tingkat kabupaten berupa facebook Forum Sijares Beltim.

Kemudian, menyelenggarakan kegiatan Sijares secara berkesinambungan, terutama dalam memenuhi bengkel kreativitas sesuai minat dan potensi remaja, selain pendidikan kesehatan reproduksi remaja.

Termasuk upaya pendewasaan usia perkawinan yang akan diselenggarakan dalam program Generasi Berencana (GenRe).

Pembentukan Forum Komunikasi Sijares Kabupaten Belitung Timur ini dilatarbelakangi oleh permasalahan remaja yang perlu menjadi perhatian khusus. Berdasarkan data dari Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Belitung Timur, pada tahun 2019 terdapat sebanyak 8.175 siswa SMP dan SMA yang di-screening.

Dari data screening, didapat hasil siswa yang berisiko anemia sebanyak 45 orang (0,55 persen), remaja dengan penilaian status gizi seperti sangat kurus sebanyak 200 siswa, kurus 820 siswa, siswa yang gemuk 593 orang, dan obesitas 401 siswa dengan postur tubuh pendek (stunting) sebanyak 421 siswa. Selain itu, setiap tahunnya angka kehamilan remaja tinggi. Bahkan dalam dua tahun belakangan ini kehamilan pada usia remaja menyumbang angka kematian ibu tahun 2019 sebanyak satuorang (16 tahun) dan satu orang di tahun tahun 2020.

Kompleksnya permasalahan kesehatan pada remaja, tentunya memerlukan penanganan yang komprehensif dan terintegrasi yang melibatkan semua unsur dari lintas program dan lintas sektor.

Baik penanganan masalah kesehatan remaja yang ada di sekolah, maupun yang ada di masyarakat. Hingga saat ini, penanganan permasalahan remaja masih berfokus di sekolah saja, padahal permasalahan remaja sering kali muncul dan dikeluhkan ketika remaja berada di luar sekolah atau masyarakat.

Berdasarkan hasil screening ke beberapa desa yang sudah menginisiasi untuk menyelenggarakan pelayanan remaja di desa, terlihat bahwa desa belum memiliki konsep pelayanan remaja secara jelas.

Hal ini ditunjukkan belum adanya forum edukasi remaja dan komunikasi remaja yang melibatkan remaja secara aktif.

Berkenaan dengan hal tersebut, maka diadakanlah pertemuan Forum Komunikasi Posyandu Sijares, yang melibatkan peran serta aktif pengelola Sijares dalam membahas ide atau alternatif rencana optimalisasi Posyandu Sijares. Hingga tahun 2020, terdapat 13 desa yang sudah membentuk Posyandu Sijares.

Tujuannya, meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan remaja di Posyandu Sijares, menggali persepsi dan pemahaman pengelola Posyandu Remaja Sijares, meningkatkan kerja sama petugas puskesmas dan desa dalam pelaksanaan Posyandu Remaja Sijares, membentuk Forum Komunikasi Posyandu Remaja Sijares, serta menyepakati tindak lanjut optimalisasi pelayanan Posyandu Remaja Sijares. (advertorial/s1)

Editor: nurhayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved