Breaking News:

PLTU Belitung Raih Penghargaan K2 dari Lima Pembangkit PT PJB

Lima unit pembangkit yang dikelola PT PJB berhasil meraih nilai tertinggi dalam seleksi penghargaan Keselamatan Ketenagalistrikan (K2) 2020

IST/ dok PLTU Belitung
Manajer Unit PLTU Belitung Prihanto Budi Wardoyo menerima penghargaan K2. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Lima unit pembangkit yang dikelola PT PJB berhasil meraih nilai tertinggi dalam seleksi penghargaan Keselamatan Ketenagalistrikan (K2) 2020.

Seleksi yang diselenggarakan oleh Ditjen Ketenagalistrikan itu menetapkan tujuh unit pembangkit masuk dalam passing grade dengan perolehan nilai tertinggi.

Sedangkan PT PJB meraih lima penghargaan dari tujuh unit pembangkit.

Piala penghargaan diserahkan secara langsung di Ruang Samaun Samadikun Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan, Jakarta pada Selasa (3/11/2020) pagi oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Ir Munir Ahmad serta Direktur Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan, Ir Wanhar dan disaksikan secara online oleh Menteri ESDM.

Penghargaan K2 ditujukan untuk memberikan apresiasi dan meningkatkan kesadaran badan usaha penyediaan ketenagalistrikan khususnya pembangkit tenaga listrik dalam pemenuhan ketentuan K2 agar tercipta kondisi instalasi tenaga listrik yang aman, andal dan ramah lingkungan. Selain itu juga untuk menciptakan safety culture pada sub sektor ketenagalistrikan.

Sejumlah penilaian dilakukan selama seleksi dilakukan diantaranya meliputi kompetensi tenaga teknik ketenagalistrikan, kinerja pembangkit, pengelolaan lingkungan, dokumen manajemen mutu perusahaan, sistem manajemen pengamanan, pemenuhan SMK3, program CSR, program penerapan K2, serta video profil pendukung K2. Selain penilaian secara administrasi, tim juri juga melakukan verifikasi dan peninjauan langsung ke lapangan.

Dari 46 peserta, terdapat tujuh pembangkit listrik yang memperoleh passing grade tertinggi dari masing-masing kategorinya. Lima diantaranya merupakan pembangkit yang dikelola PT. PJB, meliputi PLTU Paiton 1 dan 2, PLTGU Gresik, PLTU Belitung, PLTU Kaltim Teluk Balikpapan dan PLTU Tidore.

Sedangkan dua lainnya adalah PLTGU Keramasan dan PLTGU Tello.

PLTU Belitung yang berkapasitas 2x16,5 MW berhasil mendapatkan penghargaan terbaik pada kategori PLTU Grid Code Sumatera Skala Menengah.

Manajer Unit PLTU Belitung Prihanto Budi Wardoyo, menyatakan bahwa penghargaan dari Kementrian ESDM ini menjadi semangat dan inspirasi bagi PJB, khususnya PLTU Belitung, untuk terus mengedepankan keselamatan ketenagalistrikan tahun ini, tahun depan dan seterusnya.

Halaman
12
Penulis: Dede Suhendar
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved