Breaking News:

Berita Belitung

Alat Warning Sistem Banjir Terpasang di Kampung Amau

Alat ini berfungsi memberikan informasi kepada penduduk setempat, apabila kondisi air yang mengalir mengalami ketinggian pada titik tertentu.

Ist/Dok Hendri
Alat warning sistem banjir yang terpasang di Kampung Amau, Kelurahan Parit. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Benda berbahan stainless dan panjang sekitar 5 meter terpasang di bagian atas drainase besar di Kampung Amau, Kelurahan Parit, Tanjungpandan. Alat itu disebut warning sistem atau alat deteksi banjir.

Alat ini berfungsi memberikan informasi kepada penduduk setempat, apabila kondisi air yang mengalir mengalami ketinggian pada titik tertentu.

Alat pendeteksi banjir ini bantuan dari BNPB dan terpasang sekitar satu pekan lalu. Alat tersebut terpasang di daerah ini, lantaran air sepanjang aliran drainase sering meluap dan mengakibatkan kebanjiran.

"Alat itu sudah terpasang, dan ini salah satu pencegahan banjir. Karena di daerah itu sering terjadi banjir rob, terutama ketika air laut pasang dan intensitas hujan mulai tinggi," kata Kepala Kantor BPBD Kabupaten Belitung Hendri kepada Pos Belitung, kamis (5/11).

Alat warning sistem banjir yang terpasang di Kampung Amau, Kelurahan Parit.
Alat warning sistem banjir yang terpasang di Kampung Amau, Kelurahan Parit. (Ist/Dok Hendri)

Alat waring sistem banjir itu, sudah lengkap dengan sensor dan berfungsi memberikan peringatan.

Apabila air didrainase tersebut melebihi batas maksimal. Secara otomatis, apabila kondisi air sudah tinggi, alat ini akan menginformasikan ketinggian air berada beserta statusnya.

"Hingga nanti dalam level siaga, secara otomatis diinformasikan, karena alat ini bisa mengeluarkan suara berupa alarm. Jadi sebelum terjadi banjir sudah ada peringatan dulu, sehingga masyarakat bisa mengambil langkah evakuasi," bebernya.

Ia berharap, pemasangan alat tersebut dapat membantu mitigasi terjadinya bencana banjir, terutama ketika musim penghujan. BPBD juga telah membentuk satuan tugas siaga bencana di sejumlah Kelurahan rawan banjir.

"Kami harapkan satgas dapat bekerja secara sukarela dalam membantu di kehidupan masyarakatnya, sehingga dapat menekan resiko banjir rob yang akan terjadi," pungkasnya. 

(Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved